Landasan Pendidikan Adab Santri Di Pondok Pesantren Modern

Penulis

  • Kamaludin Kamaludin
  • Endin Mujahidin Universitas Ibnu Khaldun Bogor
  • Nesia Andriani Universitas Ibnu Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.36420/ju.v9i2.6882

Abstrak

Salah satu proses pengubahan sikap diri seseorang dalam usaha pendewasaan diri yang dilakukan penuh kesadaran dengan maksud yang jelas adalah melalui pendidikan. Untuk meningkatkan taraf kehidupan proses sebuah pendidikan dapat berlangsung selama ruh masih melekat di jiwa. Landasan pendidikan yaitu dasar berpijak bagi pendidikan yang digunakan sebagai alat untuk mengembangkan sumber daya manusia juga merupakan suatu pondasi yang menjadi prinsip dalam memikirkan sebuah tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga hasil proses pendidikan. Pada zaman yang serba canggih, tindakan amoral mengintai generasi penerus bangsa yang disebabkan oleh berbagai aspek, makin berkurangnya pendidikan karakter atau adab murid terhadap guru yang diberikan di kelas ataupun di rumah merupakan salah satu aspek tersebut. Lembaga pendidikan terkhusus pesantren modern harus hadir untuk menawarkan solusi kongkret dari setiap problematika yang ada didalam dunia pendidikan dan sebagai model penerapan adab dan akhlakul karimah, agar diarahkan untuk senantiasa mendidik para santri dengan adab sebelum mendidik mereka dengan ilmu, agar kelak mereka keluar sebagai sosok generasi yang mengenal ilmu dan ahlul ilmi,  sebelum mereka mengenal ilmu itu sendiri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-17

Cara Mengutip

Kamaludin, K., Mujahidin, E. ., & Andriani, N. . (2024). Landasan Pendidikan Adab Santri Di Pondok Pesantren Modern. Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman, 9(2), 162–173. https://doi.org/10.36420/ju.v9i2.6882

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.