Magic Marketing dalam Etika Bisnis Global: Kajian Literatur

Penulis

  • Mansur Mansur IAI Miftahul Ulum Pamekasan https://orcid.org/0000-0002-5194-3370
  • Septi Gumiandari Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • M. Adib Hamzawi Institut Agama Islam Hasanuddin Pare Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36420/ju.v9i2.6968

Abstrak

Ketidakmampuan pebisnis dalam bersaing telah mengorbankan etikanya dengan melibatkan perdukunan dan dunia magis untuk pendapatan dan uang. Dengan menghadirkan mantra perdukunan dapat mewujudkan perkembangan usaha. Keterampilan bisnis dan pengalaman sepertinya bisa diatasi simultan dengan dunia magis. Tujuan riset ini mengungkap makna magis dalam pemasaran. Data sekunder diperoleh dari data kualitatif 15 artikel terpilih setelah disaring dari 147 data yang dieksplorasi menggunakan Google Scholars melalui layanan aplikasi Harzing’s Publish or Perish (POP) yang terbit 5 tahun terakhir. Pencarian menggunakan kata “magic marketingâ€, “business spellsâ€, “mantra marketingâ€. Kemudian, proses review jurnal terpilih dianalisis secara teratur dan jeli untuk reduksi data yang tereliminasi topik penelitian. Ditemukan bahwa kata gaib, sihir dan sulap sering digunakan dalam pelbagai bisnis dunia. Pemanfaatan dunia magis dalam bisnis meluas dan empiris. Bahkan dengan peranannya dapat mendorong anggapan lahirnya ‘dunia baru’ bukan hanya dalam pemasaran, melainkan juga dalam mengatasi problem kesehatan, kesejahteraan, politik, uang, cinta dan perkawinan. Peranan pesulap dan perdukunan di perkotaan memberikan warna baru dalam banyak hal dan akan terus meluas. Jadi, makna magis dalam praktik musik, pencahayaan, kesehatan, layanan perdukunan, politik, tren gamifikasi, penjualan online, branding merek, viralitas, dunia baru, dan seterusnya adalah upaya pemekaran pasar dan perebutan pangsa pasar baru.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-17

Cara Mengutip

Mansur, M., Gumiandari , S. ., & Hamzawi , M. A. . (2024). Magic Marketing dalam Etika Bisnis Global: Kajian Literatur. Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman, 9(2), 141–161. https://doi.org/10.36420/ju.v9i2.6968

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.