Islamic Corporate Governance Based On Sharia Enterprise Theory Grounded In Nubuwwah Morals

Penulis

  • Moh. Anis Anwari Universitas Trunojoyo Madura
  • Dzikrulloh Dzikrulloh Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/ju.v9i2.7185

Abstrak

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengulas beberapa tulisan tentang tata kelola perusahaan dalam perspektif Islam. Penulis juga mencoba memberikan sumbangsih pemikiran untuk memperkaya teori tata kelola perusahaan Islam, yaitu GCG based shariati enterprise theori based on moral nubuwwah. Metode penulisan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka. Penelitian ini diawali dengan mengeksplorasi kajian ilmiah mengenai tata kelola perusahaan Islam dan diakhiri dengan menawarkan pendekatan pemikiran baru terhadap teori GCG. Mekanisme tata kelola perusahaan dalam teori syariah berbasis perusahaan Islam lebih memandang pengendalian perusahaan sebagai pengendalian diri dengan prinsip Tauhid yang dilakukan oleh individu dan organisasi perusahaan dengan tetap berpegang pada peningkatan kualitas kesalehan individu dan sosial. Konsep nubuwwah moral membantu perusahaan untuk selalu menjalankan aktivitas perusahaan dengan mengedepankan sifat humanis, transendental, dan teleologis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-17

Cara Mengutip

Anwari, M. A. ., & Dzikrulloh , D. . (2024). Islamic Corporate Governance Based On Sharia Enterprise Theory Grounded In Nubuwwah Morals. Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman, 9(2), 221–235. https://doi.org/10.36420/ju.v9i2.7185

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.