Pembinaan Manfaat Tanaman Obat Keluarga Untuk Kesehatan Berdasar Al-Qur’an Pada Santri Madrasah Diniyah Nurul Huda

  • Latifatus Sufiyah STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Maya Wahyu Wijayanti STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Makno Wahyu Jajar Paningal STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Febri Andika Nugroho STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Aziz Fathul Hasan STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Evita Rosilia Dewi STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
Keywords: Pembinaan, Manfaat TOGA, Al-Quran

Abstract

Abstract: The use of natural ingredients in medicine and health care is also examined for the efficacy of the drugs used. One of the steps that can be taken to develop traditional medicine in Indonesia is to study natural ingredients mentioned in the Qur'an and Hadith such as dates, black cumin, honey, olives, ginger and other natural ingredients. This natural ingredient needs to be developed as a traditional medicine for health. The natural materials contained in the Al-Qur'an and Hadith, some of which are natural materials which are mostly owned by Indonesia for the benefit of the people who are widespread in Indonesia. The methods used in this service are lectures, discussions, quizzes, and short questions and answers. This knowledge was given to madrasah madrasah students Nurul Huda in Gerih Village. This activity was carried out by STIT Islamiyah KKN-BR students from Paron Ngawi Development. This activity is a community service activity to develop the potential possessed in the area. This research uses a type of qualitative research with descriptive methods.

Keywords: Benefits of Family Medicinal Plants, Al-Qur'an, Health.

 

Abstrak: Penggunaan bahan alami dalam pengobatan dan perawatan kesehatan juga di teliti untuk khasiat obat yang digunakan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan obat tradisional di Indonesia adalah mempelajari bahan-bahan alami yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits seperti kurma, jintan hitam, madu, zaitun, jahe dan bahan alami lainnya. Bahan alami ini perlu dikembangkan sebagai obat tradisional untuk kesehatan. Bahan alam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits beberapa diantaranya merupakan bahan alam yang sebagian besar dimiliki oleh Indonesia untuk dimanfaatkan masyarakat yang tersebar luas di Indonesia. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah ceramah,diskusi, kuis, dan tanya jawab singkat. Pengetahuan ini di berikan kepada santri madrasah diniyah Nurul Huda di Desa Gerih. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN-BR STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.

Keywords: Pembinaan, Manfaat Toga, Al-Qur'an

Published
2024-02-26
How to Cite
Sufiyah, L., Maya Wahyu Wijayanti, Makno Wahyu Jajar Paningal, Febri Andika Nugroho, Aziz Fathul Hasan, & Evita Rosilia Dewi. (2024). Pembinaan Manfaat Tanaman Obat Keluarga Untuk Kesehatan Berdasar Al-Qur’an Pada Santri Madrasah Diniyah Nurul Huda . Jurnal Abdikarya Pembangunan, 2(2), 32-41. https://doi.org/10.53627/jap.v2i2.5653