Peningkatan Kepedulian Lingkungan Siswa MI Islamiyah Balong Gerih Melalui Pelatihan Pengelolaan Sampah

  • Janna 'Alawiyah STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi.
  • Sofi Wiranta Paduri STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Muhammad Imam Solih STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Waladun Nur Ilham STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
  • Fakarotul Karimah STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi
Keywords: Environmental Concern, Education, Waste Management

Abstract

Abstract: Waste is material left over from useless human activities and is a never-ending problem. Along with the increase in population and human activities, the volume of waste also increases. Schools are one of the community groups whose learning activities are a means of educating waste management. This service is carried out to provide education about waste management to increase environmental awareness among MI Islamiyah Balong students. The PAR method is used to carry out social change in this service. Participants in this activity were grade 5 students at MI Islamiyah Balong. The impact of the activities shows that good waste management training can increase students' environmental awareness. There was a significant increase in students' social behavior after receiving education about waste management: (1) increasing insight into the importance of managing waste with an average score of 30% increasing to 85%, (2) students' skills in sorting waste (3) students can preserve and utilize the land around the school as a family medicinal plant garden (Taman Toga )

Keywords: Environmental Concern, Education, Waste Management

Abstract: Sampah merupakan sisa material dari aktivitas manusia yang tidak berguna menjadi problematika yang tidak kunjung habis. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dengan aktivitas manusia volume sampah juga meningkat. Sekolah menjadi salah satu kelompok komunitas masyarakat dengan aktivitas pembelajarannya menjadi sarana edukasi pengelolaan sampah. Pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah untuk meningkatkan kepedulian lingkungan pada siswa MI Islamiyah Balong. Metode PAR digunakan dalam melakukan perubahan sosial dalam pengabdian ini. Partisipan dalam kegiatan ini adalah siswa kelas 5 MI Islamiyah Balong. Dampak dari kegiatan  menunjukkan bahwa pelatihan pengelolaan sampah yang baik dapat meningkatkan kepedulian lingkungan siswa. Terjadi  peningkatan  yang  signifikan  dalam  perilaku  sosial siswa setelah mendapat edukasi tentang pengelolaan sampah; (1) meningkatnya wawasan tentang pentingnya mengelola sampah dengan rata-rata skor dari 30% meningkat menjadi 85%, (2) keterampilan siswa dalam memilah sampah (3) siswa dapat melestarikan dan memanfaatkan lahan di sekitar sekolah sebagai taman tanaman obat keluarga (Taman Toga)

Keywords: Kepedulian Lingkungan, Edukasi, Pengelolaan Sampah

References

Adicita, Yosef, Gita Prajati, Darwin Darwin, I. Wayan Koko Suryawan, Muhammad Rizky Apritama, and Anshah Silmi. “Edukasi Peduli Sampah Sedari Dini Untuk Anak-Anak Pulau Lengkang, Kota Batam.” Altruis: Journal of Community Services 1, no. 2 (June 26, 2020): 71–80. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i2.12104.

Bandura, Albert. Social Learning Theory. Prentice-Hall Series in Social Learning Theory. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, 1977.

Butar, Rikardo Dayanto Butar, Ronald Sianipar, Yuniarti Yuniarti, Asmanto Asmanto, Amanda Simanjuntak, Kristina Elabi, Vanbe Toven Hulu, et al. “Penyuluhan Tentang Kesadaran Siswa Dalam Memanfaatkan Limbah Menjadi Kerajinan Tangan Dengan Sistem Reduce, Reuce, Recycle (3r).” Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 5, no. 1 (February 15, 2023): 13–20. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.214.

Dholina Inang, Pambudi, Kurniawan Ragil, and Ahda Mustofa. “Edukasi Anak Usia Dini: ‘Pengenalan Dan Pengelolaan Sampah Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa.’” Prosiding Seminar Nasional "Pemanfaatan IPTEKS Dalam Membangun Ketahanan Pangan I (November 2015): 237–44.

Hasnidar, Sitti. “Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah.” Jurnal Serambi Ilmu 20, no. 1 (April 21, 2019): 97–119. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. “7,2 Juta Ton Sampah Di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik,” Agustus 2023. https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-di-indonesia-belum-terkelola-dengan-baik.

KLHK. “Dashboard Pengurangan Sampah.” Accessed February 27, 2024. https://info3r.menlhk.go.id/berita/detail/berita-16-v_berita.

Maddox, P., C. Doran, I. D. Williams, and M. Kus. “The Role Of Intergenerational Influence In Waste Education Programmes: The THAW Project.” Waste Management (New York, N.Y.) 31, no. 12 (December 2011): 2590–2600. https://doi.org/10.1016/j.wasman.2011.07.023.

Nugroho, Adi, Abigail Novianti Silalahi, and Adelina Azzahra. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pembuatan Pupuk Kompos dan Kerajinan Tangan dari Limbah Plastik. Uwais Inspirasi Indonesia, 2023.

“Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah Pasal 29 Ayat (1) Huruf e,” n.d.

Published
2024-02-28
How to Cite
Janna ’Alawiyah, Sofi Wiranta Paduri, Muhammad Imam Solih, Waladun Nur Ilham, & Fakarotul Karimah. (2024). Peningkatan Kepedulian Lingkungan Siswa MI Islamiyah Balong Gerih Melalui Pelatihan Pengelolaan Sampah . Jurnal Abdikarya Pembangunan, 2(2), 42-51. https://doi.org/10.53627/jap.v2i2.5658