Aktivitas Bisnis Perspektif Ibnu Taimiyah

  • Ahmad Insya’ Ansori Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Tahdzib Jombang

Abstract

Bahwa pemikiran Ibn Taimiyah berkenaan dengan harga yang adil, mekanisme pasar dan regulasi harga, serta berbagai pemasalahan lain yang berkaitan denganya, pada dasarnya bertujuan untuk menegakkan keadilan dalam aktifitas bisnis berkenaan dengan transaksi pertukaran dan berbagai bentuk hubungan akad lainnya dalam bisnis baik berupa barang maupun jasa.

Konsep-konsep tersebut dimaksudkan sebagai panduan bagi para penguasa untuk melindungi masyarakat dari berbagai tindakan amoral dan eksploratif, di samping untuk lebih memudahkan bagi masyarakat dalam mempertemukan kewajiban moral dengan kewajiban finansial.

Untuk itu, untuk mewujudkannya selalu memerlukan perhatian serius dan kerjasama setiap elemen dalam masyarakat pelaku bisnis bersama pemerintah, sebagaimana yang diharapkan Ibn Taimiyah untuk kepentingan bersama dalam berbisnis yang sehat dan dinamis. fungsi uang (gelkapital) dalam kaca mata bisnis merupakan alat atau media tukar yang memiliki nilai, yang menurut Lu>tge merupakan arti sempit dari modal. Oleh karena itu dalam aktifitas bisnis, seharusnya uang berfungsi sebagaimana jalur yang ditentukan, yaitu sebagai alat bisnis bukan sebagai komoditi.

 

References

Muhammad Ismail Yusanto, dkk. Menggagas Bisnis Islam, Jakarta: Gema Insani, 2002

Muhammad Nejatullah Siddiqi, Muslim Economic Thingking : A Survey of Contempory Litaruture, United Kingdom : The Islamic Foundation, 1988

Abdul Azim Islahi, Economic Consepts of Ibn Taimi>yah (London : The Islamic Foundation, 1988

Ibn Katsir, Al-Bidayah Wa al-Nihayah, Vol. 13, Bairut : Maktabah al-Ma’arif, 1966

Ibn Rajab, Dhail Tabaqat al-Hanabilah, Vol. 2, Kairo : Matba’ah al-Sunnah al-Muhammadiyyah, 1953

Adiwarman Azhar Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Ed. 3 (Jakarta: Rajawali Press, 2006

Ibn Nujaim, Al-Asbah wa al-Nadzair, Bairut : Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1980

Ibn Taimi>yah, Majmu’ Fatawa Syaikh al-Islam, Vol. 26, Riyadh : Matabi’ al-Riyadh, 1963

Ibn Taimiyah, al-Hisbah fi al-Islam, Kairo : Dar al-Sha’b, 1976
Published
2016-01-20
How to Cite
Ansori, A. I. (2016). Aktivitas Bisnis Perspektif Ibnu Taimiyah. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 1(1), 101-116. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/1212
Section
Articles