Analisis Kinerja Sinkronisasi Learning Management System (LMS) Perguruan Tinggi Pada Jaringan Publik

Learning Management System, Sinkronisasi Uni-direksional, moodle, ADSL, GPRS, HSDPA

  • Ely Suwaibatul Aslamiyah Institut Agama Islam Uluwiyah, Mojokerto

Abstract

E-learning secara umum diidentikkan dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada suatu jaringan (network) untuk mendukung proses belajar dan mengajar. Penelitian sebelumnya, mensinkronisasi LMS server dan LMS client secara uni-direksional (satu arah). Dalam suatu proses sinkronisasi yang melibatkan 2 LMS, perlu diketahui bagaimana kinerja aplikasi sinkronisasi LMS uni-direksional pada jaringan publik.Proses sinkronisasi yang diteliti adalah sinkronisasi dengan 3 jalur komunikasi yaitu memakai jaringan ADSL, jaringan HSDPA dan jaringan GPRS, dengan memakai besaran data 1 MB, 5 MB, 10 MB, 20 MB dan 50 MB. Fakta-fakta yang didapat antara lain proses sinkronisasi berjalan paling baik pada jaringan ADSL dengan rata-rata throughput yang didapat pada jaringan ADSL adalah 832 kbps, mendekati bandwidth jaringan yang mencapai 1 Mbps. Pada jaringan HSDPA throughput yang didapat rendah meskipun masih jauh lebih besar dari jaringan GPRS, mengingat bandwidth dari jaringan HSDPA yang cukup besar. Pada jaringan GPRS, ternyata menghasilkan prosentase packetloss terkecil yaitu rata-rata 0,0000035 % dibanding dengan jaringan HSDPA dan jaringan ADSL yang memberikan throughput dan durasi sinkronisasi yang lebih baik. Durasi sinkronisasi yang paling singkat didapat ketika proses sinkronisasi dijalankan pada jaringan ADSL, disusul jaringan HSDPA dan jaringan GPRS. Sinkronisasi dengan ukuran data yang besar masih rentan mengalami masalah.

Published
2017-03-24
How to Cite
Aslamiyah, E. S. (2017). Analisis Kinerja Sinkronisasi Learning Management System (LMS) Perguruan Tinggi Pada Jaringan Publik: Learning Management System, Sinkronisasi Uni-direksional, moodle, ADSL, GPRS, HSDPA. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 5(1), 112-127. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib/article/view/2882
Section
Articles