PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI. DARUSSALAM PAGESANGAN SURABAYA

  • Imas Setyawan Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya
  • Suwandi Cahyoko Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya
Keywords: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, MI. Darussalam

Abstract

AbstractThis research aims to find out to know and to analyze the influence of online learning on the learning outcomes of VC classroom students at MI Darussalam Pagesangan Surabaya Year of Study 2020-2021. This study is a quantitative study, which researchers conduct by taking the required data that is then calculated with a learning completion formula that in this case the author uses it to find out the extent of the learning outcomes of VC class students at MI Darussalam Pagesangan Surabaya Year of Study 2020-2021. The results showed, first knowing online learning at MI Darussalam Pagesangan Surabaya which has been carried out using Wats App, and Google Meet and assignments through WhatsApp and Google form, has a positive impact such as the use of learning media that varies so that students do not feel saturated, on the second benefit it is known that student learning outcomes against online learning at MI Darussalam Pagesangan Surabaya were found with Good average to online learning that the average score on online learning is 81 with student completion of 90% then the average value is above KKM so it is known that there is an influence between variable x (Online Learning) on variable y (Results) Student Learning) MI VC classes. Darussalam Pagesangan Surabaya School Year 2020/2021). Third, there is the influence of online learning on the learning outcomes of VC class students at MI Darussalam Pagesangan Surabaya.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VC di MI Darussalam Pagesangan Surabaya Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana peneliti melakukan dengan mengambil data – data yang dibutuhkan yang kemudian dihitung dengan rumus ketuntasan belajar yang dalam hal ini penulis menggunakannya untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa kelas VC Di MI Darussalam Pagesangan Surabaya Tahun Pelajaran 2020-2021. Hasil penelitian menunjukkan, pertama mengetahui pembelajaran daring di MI Darussalam Pagesangan Surabaya yang selama ini dilaksanakan menggunakan Wats App, dan Google Meet serta penugasan lewat WhatsApp dan Google form, memberikan dampak yang positif seperti penggunaan media pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak merasa jenuh, pada manfaat yang kedua diketahui bahwa hasil belajar siswa terhadap pembelajaran daring di MI Darussalam Pagesangan Surabaya tersebut didapati dengan rata-rata baik terhadap pembelajaran daring yaitu nilai rata-rata pada pembelajaran daring adalah 81 dengan ketuntasan siswa 90 % maka nilai rata-rata tersebut diatas KKM sehingga diketahui bahwa ada pengaruh antara variabel x (Pembelajaran Daring) terhadap variabel y (Hasil Belajar Siswa) Kelas VC MI. Darussalam Pagesangan Surabaya Tahun Pelajaran 2020/2021). Ketiga terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas VC di MI Darussalam Pagesangan Surabaya.

References

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers. Arifin M, Barnawi. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz-Media

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1).

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4).

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Depdiknas.(2008).Kamus Besar Bahasa Indonesia.(Jakarta: Balai Pustaka).

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress.

Fathiyah Isbaniah, d. (Maret 2020). Pedoman Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Hamalik, Oemar.2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran

Daring (full online) dimasa pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1).

Hamzah. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Harjanto. (1997). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama Republik Indonesia, (2011) Mushaf Al-Qur’an Dan Terjemahnya, (Surabaya: Lentera Jaya Abadi).

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonsesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya. Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education

Nursobah, A., Dedih, U., Hapid, H., & Nurhamzah, N. Dampak pembelajaran daring terhadap penguatan literasi informasi dalam budaya akademik mahasiswa.

Rahmawati, D. S (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid- 19. Jurnal Biodik, 6(2).

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1).

Sugandi, Ahmad, dkk. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Perss. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. (2020). Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Tsalasa, Ahmad Nashir. Pembelajaran Bertaraf Internasionaldi Sma Semesta Bilingual Boarding School Gunungpati Semarang (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Hasil Belajar). Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Ulfia, N. (2020).

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19:Refleksi Para Siswa. Prosiding Nasional Pendidikan:LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajran Siswa Berbsis Online Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Warsita. 2007. â€Peranan TIK Dalam penyelenggaraan PJJâ€. Jurnal Teknodik. April 2007. Nomor 20: 9 – 41. Jakarta: Pustekkom depdiknas.

Kutipan Online:

https://www.mengukirperadaban.com/2017/03/pengertian-hasil-belajar-dalam-islam. (Diunduh pada 27 Agustus 2021).

Pusdiklat Kemdikbud, “Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanakan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)†- Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id/. (Diunduh pada 29 Maret 2021)

Published
2022-03-01
How to Cite
Setyawan, Imas, and Suwandi Cahyoko. 2022. “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI. DARUSSALAM PAGESANGAN SURABAYA”. Jurnal Keislaman 5 (1), 28-48. https://doi.org/10.54298/jk.v5i1.3407.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.