Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Perspektif KH. Jamaluddin Ahmad

  • Sutrisno Sutrisno
  • Mukhammad Wahyudi Dosen STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Pendidikan Karakter, Keteladanan Guru, Etika Guru-Murid

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses pendidikan holistic-integratif yang memadukan dimensi moral dengan dimensi sosial kehidupan peserta didik sebagai dasar untuk membentuk generasi yang berkualitas, Dalam prakteknya, pembentukan karakter tidak hanya membutuhkan teori atau konsep saja. Melainkan dengan mengaplikasikan pendidikan karakter yang telah digambarkan dalam hadist Rasulullah SAW. atas dasar keteladanan sehingga menuai kebaikan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah lebih tepat menggunakan metode modeling yang dilaksanakan oleh guru. Keteladanan guru harus diciptakan karena guru merupakan figur sentral yang selalu menjadi perhatian siswa di sekolah. yang menjadi teladan dalam menambah ilmu pengetahuan dan membentuk kepribadian berbudi luhur yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keteladanan guru dalam pembentukan karakter peserta didik perspektif KH. Jamaluddin Ahmad secara ilmiyah-amaliyah dalam proses pendidikan. Penelitian ini merupakan studi literer dengan tahapan pengumpulan data, observasi, reduksi, kemudian dianalisa untuk sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, menurut KH. Jamaluddin Ahmad, pembentukan karakter peserta didik bermula dari keteladanan guru secara praktis dan sederhana. Membangun karakter secara praktis dapat dimulai dari stimulus keteladanan guru atau ulama-ulama sunni terdahulu, yang meruncing pada unsur praktik dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadikan tuntunan dalam beretika. DenganĀ  demikian, KH. Jamaluddin Ahmad menempatkan jiwa seorang guru sebagai sosok sentral dalam pembentukan karakter.
Published
2023-04-10
Section
Articles