Prinsip Prioritas Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah

  • Devi Nor Anitasari Rinofat UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Abstract

Pembelajaran pada hakekatnya merpakan suatu proses, yaitu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar peserta didik sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik melakukan proses belajar. Pembelajaran juga dikatakan sebagai proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada peserta didik dalam melakukan proses belajar. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bahasa arab guru harus menggunakan prinsip -prinsip pembelajaran agar dapat bertindak secara tepat. Dengan  prinsip - prinsip  pembelajaran bahasa arab guru dapat memiliki dan mengembangkan  sikap  yang  diperlukan  untuk menunjang   peningkatan   belajar   peserta   didik secara efektif dan efesien. Prinsip diartikan sebagai asas atau kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir dan bertindak. Pada pembelajaran bahasa arab terdapat beberapa prinsip, salah satunya yaitu prinsip prioritas. Prinsip prioritas ini merupakan hal fundamental yang harus diprioritaskan atau diutamakan selama pembelajaran bahasa arab berlangsung. Pada prinsip prioritas terdiri dari tiga aspek utama yaitu: Mengajarkan, mendengar, dan bercakap sebelum membaca dan menulis; Mengajarkan kalimat sebelum mengajarkan kata; Menggunakan kata - kata yang lebih akrab dengan kehidupan sehari - hari sebelum mengerjakan bahasa sesuai dengan penutur bahasa Arab.  
Published
2023-11-29
How to Cite
Rinofat, D. N. A. (2023). Prinsip Prioritas Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 201-209. https://doi.org/10.53515/lan.v5i2.5681
Section
Articles