Problematika Penerapan Metode Tamyiz dalam Pembelajaran Qawa’id di MA DDI As-Salman Allakuang Sidrap

  • Ahmad Syafi'i UIN Alauddin Makassar
  • Almutawakkil Alallah UIN Alauddin Makassar
  • Anwar Abd. Rahman UIN Alauddin Makassar

Abstract

Tamyiz adalah metode yang disajikan dengan mudah dan menyenangkan. Produk metode ini mampu menerjemahkan Al-Qur'an dan kitab kuning dalam waktu 100 jam. Metode ini mengedepankan efesiensi dan efektifitas dalam pembelajaran Qawa'id. Namun, penerapan metode Tamyiz pada peserta didik di MA DDI As-Salman Allakuang Sidrap masih banyak yang belum memahami penggunaannya, seperti isim dan fi'il. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dan mendeskripsikan upaya mengatasi problematika penerapan metode Tamyiz pada pembelajaran Qawa'id di MA DDI As-Salman Allakuang Sidrap. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan model studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan, direduksi, disajikan, dan kemudian disimpulkan. Kemudian, data diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kendala yang ditemukan pada siswa adalah sulit beradaptasi, sulit mengikuti irama, kurang semangat, kurang lancar dalam membaca Al-Qur'an, dan jumlah siswa yang banyak. Kendala yang ditemukan dari guru adalah kurangnya tenaga pengajar. Kendala sarana prasarana seperti pemesanan buku yang lambat dan tidak fokus sehingga sering tidak berfungsi. (2) Upaya mengatasi problematika siswa, yaitu pembiasaan, merubah ritme, diberi motivasi, penyaringan dan pembinaan khusus, dan klasifikasi. Solusi untuk masalah guru yaitu rekrutmen guru. Solusi untuk sarana prasarana yaitu memfotokopi buku-buku Tamyiz dan menggunakan media konvensional (papan tulis).
Published
2023-11-30
How to Cite
Ahmad Syafi’i, Almutawakkil Alallah, & Anwar Abd. Rahman. (2023). Problematika Penerapan Metode Tamyiz dalam Pembelajaran Qawa’id di MA DDI As-Salman Allakuang Sidrap. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 321-335. https://doi.org/10.53515/lan.v5i2.5689
Section
Articles