Lingkungan Berbahasa dan Peranya Dalam Pengembengan Keterampilan Berbicara di Pal Wafi IBS

  • Saufa Mujadilah UIN Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Keberhasilan pengajaran bahasa Arab dan kemajuannya terkait dengan banyak faktor antara lain keberanian siswa, latihan-latihan, keefektifan antara siswa dan guru, serta lingkungan linguistik. Lingkungan linguistik memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran lingkungan linguistik dalam meningkatkan keterampilan berbicara di Al-Wafi islamic boarding school. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang mengumpulkan data deskriptif, baik tertulis maupun lisan. Untuk memperoleh data atau informasi yang peneliti butuhkan, peneliti menggunakan metode ilmiah sebagai berikut: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumenter. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengartikan: Peran lingkungan linguistik dalam meningkatkan keterampilan berbicara di Al-Wafi islamic boarding school terbagi menjadi dua bagian, yaitu peran lingkungan buatan dan peran lingkungan alam. Dan peran mereka dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan berlatih berbicara setiap hari, mendiversifikasi program bahasa yang menarik, mendorong berbicara di depan audiens dan memperbanyak kosa kata dan dialog..  Kata kunci : Lingkungan linguistik, Keterampilan berbicara, Al-Wafi IBS.  
Published
2023-11-29
How to Cite
Mujadilah, S. (2023). Lingkungan Berbahasa dan Peranya Dalam Pengembengan Keterampilan Berbicara di Pal Wafi IBS. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 98-108. https://doi.org/10.53515/lan.v5i2.5742
Section
Articles