Metode Audiolingual dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab

  • Nafisatul Fuadah STAI Ahmad Sibawayhie

Abstract

Tidak bisa dipungkiri bahwa metode merupakan unsur penting dalam sebuah sistempembelajaran. Metode merupakan seperangkat cara yang digunakan guru dalamproses pengajaran guna mencapai tujuan pendidikan tertentu. Di Indonesia, bahasaArab menjadi bahasa yang paling dicintai karena merupakan bahasa internasional danbahasa yang berharga, sehingga menuntut peneliti untuk mengungkapkan apa yangberkaitan dengan metode pengajarannya. Terdapat beberapa metode pembelajaranbahasa Arab yang mengharuskan guru untuk memilih salah satu yang paling sesuaidengan kemampuan dan kebutuhan siswa guna mencapai tujuan pembelajaran yanghendak dicapai. Penelitian ini mengkaji salah satu metode bahasa Arab, yaitu metodeaudio-lingual. Metode ini merupakan sekumpulan simbol fonetik serta sistemgramatikal dan morfologi yang dihubungkan oleh hubungan struktural formal. Olehkarena itu, metode ini memfokuskan pengajarannya pada pengucapan dan tata Bahasayang benar untuk mencapai komunikasi yang efisien. Hal ini dilakukan melaluipengualangan yang intensif dan simulasi berdasarkan stimulus dan respon dalamproses pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yakni studi pustaka, dimanasumber data diperoleh dari beberapa buku dan artikel ilmiah tentang metodeaudiolingual yang kemudian data tersebut dianalisis dan ditarik kesimpulan. Adapuntujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang dan perkembanganmetode audiolingual, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya serta penerapannyadalam pembelajaran Bahasa Arab secara rinci sehingga pembaca atau guru dapatmemahami dan menerapkannya secara utuh dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Published
2023-11-29
How to Cite
Nafisatul Fuadah. (2023). Metode Audiolingual dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 84-97. https://doi.org/10.53515/lan.v5i2.5789
Section
Articles