Jurnal Al Yasini adalah wadah informasi yang berisi penelitian, studi kepustakaan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis yang berfokus pada bidang keislaman dan pendidikan. Diterbitkan oleh Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan.
P-ISSN: 2527-3175 (media cetak) SK no. 0005.25273175 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2016.05
E-ISSN: 2527-6603 (media online) SK no. 0005.25276603 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2016.05
 
Berikut Sistematika Authorannya sebagai berikut:
JUDUL; padat, jelas, dan padat substansi penelitian.
PENULIS; nama, asal lembaga, alamat lembaga, dan email penulis.
ABSTRAK; dalam bahasa Indonesia: 100-200 kata. Kata kunci; 4-6 kata.
PENDAHULUAN: Penelitian latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, studi pustaka, pembahasan teori (jika diperlukan) dan metode penelitian.
METODE PENELITIAN: menguraikan dibahas, sumber data, teknik dikumpulkan data dan teknik analisisnya.
STUDI PUSTAKA: Minimal ada tiga tujuan dari kajian pustaka:
Pertama, untuk mengetahui tentang mana penelitian yang telah dilakukan terhadap objek bahasan.
Kedua, untuk penelitian perbedaan penelitian-penelitian yang sudah ada dengan karya-karya yang akan diterbitkan tersebut. Ketiga, untuk mengulas apa yang membahas penelitian terhadap bidang di bidang kajian yang sama.
PEMBAHASAN: terdiri dari beberapa sub sesuai kebutuhan. Penyajian data dalam bentuk narasi yang menuntut dan sistematis yang diarahkan langsung pada temuan penelitian dan analisis peneliti berdasarkan perspektif teori yang digunakan.
KESIMPULAN & SARAN KEBERLANJUTAN: berisi kesimpulan dalam menjawab masalah penelitian yang telah dirumuskan.
DAFTAR PUSTAKA : Referensi yang digunakan.
Naskah yang masuk dievaluasi Oleh dewan redaksi. Redaktur akan melakukan perubahan pada tulisan yang diterjemahkan format keseragaman untuk diterjemahkan, Tanpa mengubah subtansinya.
 
Jurnal ini terbit dua kali (dalam setahun) setiap bulan Mei dan Nopember dengan Regulasi Publikasi sebagai berikut; (Pengajuan/Submit: Tanggal 1-6, Ulasan/Review: Tanggal 7-12, Copyediting: Tanggal 13-14, Produksi/Publishing: Tanggal 15).
 
Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Naskah diketik dengan dengan Microsoft Word pada kertas ukuran A.4: panjang +20-25 halaman, 1,5 spasi, font Californian FB, ukuran 12, 7000-9000 kata  . Jika tulisan artikel menggunakan bahasa Arab, maka gunakan font Tradisional Arab, ukuran 15, panjang +20 halaman , dan spasi 1,5. Naskah yang masuk dievaluasi oleh dewan redaksi dan mitra bestari. Redaktur dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah substansinya. 
Jurnal ini diterbitkan oleh Konsorsium Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan, alamat Jalan Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini Areng-areng Wonorejo, Pasuruan 67173, Jawa Timur.
Rumah Jurnal dapat diakses pada tautan berikut ini:
Untuk mengakses artikel yang dimuat dalam jurnal ini, silahkan klik ARCHIVES
Pengiriman artikel dengan Submit di link : 
atau email : ejurnalalyasini@gmail.com