Model Manajemen Strategis Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Zakat,Infak, Sedekah (Studi Kasus pada LAZIS Qaryah Thayyibah Purwokerto)

Keywords: Organisasi, Manajemen Strategis, Pemberdayaan, LAZIS Qaryah Thayyibah

Abstract

Manajemen strategis menjadi sesuatu yang penting bagi sebuah organisasi baik profit oriented (mencari keuntungan) maupun non profit oriented (tidak mencari keuntungan). Setiap organisasi mengaplikasikan model manajemen strategis ini berbeda antara satu dengan yang lain tergantung kebijakan manajemen. Secara sederhana model manajemen diawali dari sebuah pengamatan dan perencanaan kemudian diakhiri dengan evaluasi. Senada dengan hal tersebut, Lazis Qaryah Thayyibah pun mengaplikasikan model manajemen strategis mulai dari awal pendirian dengan pengamatan situasi dan kondisi lingkungan, serta dalam kegiatan operasional yaitu penghimpunan dan pendistribusian dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) untuk memberdayakan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research), dimana penyusun akan mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam (in depth study) dengan tujuan untuk mengetahui model manajemen strategis dan pengelolaan ZIS  melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa model manajemen strategis yang dilakukan oleh LAZIS Qaryah Thayyibah dimulai dari pertama, Pengamatan Lingkungan yang terdiri analisis eksternal (berupa peluang dan ancaman) dan analisis internal (berupa kekuatan dan kelemahan). Pengamatan ini tidak dilakukan secara langsung tetapi fleksibel dan sesuai kebutuhan. Dari semua faktor ini menyatu dalam rangkaian model manajemen strategis yang diterapkan oleh Lazis Qaryah Thayyibah. Kedua, Perumusan Strategi, dalam tahapan ini adalah lebih pada penguatan visi misi, serta bagaimana memanfaatkan peluang, ancaman, kekuatan, serta kelemahan untuk membentuk strategi dalam pengelolaan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pengetahuan ZIS. Ketiga Implementasi Strategi, setelah terbentuk beberapa strategi langkah selanjutnya adalah menuangkan dalam berbagai program. Dan sebagai program unggulan yaitu beasiswa dan pemberdayaan ekonomi umat melalui pengguliran kambing. Keempat, Evaluasi dan pengendalian, sebagai bentuk evaluasi dan pengendalian, LAZIS mengadakan evaluasi setiap selesai melaksanakan program secara bersama serta untuk perbaikan program-program selanjutnya.    
Published
2015-12-20
How to Cite
Model Manajemen Strategis Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Zakat,Infak, Sedekah (Studi Kasus pada LAZIS Qaryah Thayyibah Purwokerto). (2015). Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 5(2), 81-111. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/economic/article/view/949
Section
Articles