MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA PENDIDIK SEKOLAH PAUD TAHFIDZ
Authors
Munib .
Siti Farida
Afifatun Nisa'
Zainuddin Zainuddin
IAI Nazhatut Thullab Sampang
Abstract
Abstrak:
Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan sangatlah penting fungsinya bagi keberhasilan lembaga pendidikan, Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan adalah aktivitas yang harus dilakukan mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan itu masuk ke dalam organisasi pendidikan sampai pada akhirnya berhenti melalui proses perencanaan, perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian kompensasi, penghargaan, pendidikan dan pelatihan/pengembangan dan pemberhentian tenaga pendidik dan kependidikan. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan substansi penting dalam organisasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahaan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Proses Perencanaan Di Sekolah PAUD Tahfidz Hidayatut Thullab, Kedua, Bagaimana Proses Rekrutmen Dan Seleksi Di Sekolah PAUD Tahfidz Hidayatut Thullab, Ketiga, Bagaimana Proses Pengembangan Di Sekolah PAUD Tahfidz Hidayatut Thullab, dan yang Keempat, Bagaimana Proses Evaluasi Di Sekolah PAUD Tahfidz Hidayatut Thullab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskrptif. sumber data yang di peroleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjaangan kehadiran peneliti di lapangan, observasi yang diperdalam, dan triangulansi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: Pertama proses perencanaan yang dilakukan pihak sekolah dengan membuat jadwal terlebih dahulu tentang semua kebutuhan tenaga didik dan untuk calon tenaga didik baru seperti beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon tenaga didik baru. Kedua proses rekrutmen dan seleksi yang dilakukan pihak sekolah kurang sesuai dengan prosedur manajemen akan tetapi disana melalui proses kriteria khusus yang dilakukan pihak sekolah dengan diperkuat filling dari kepala sekolah. Ketiga proses pengembangan berupa pelatihan selalu diikutkan dalam pelatihan apapun dan dimanapun, tetapi melihat jarak pelatihan pihak sekolah hanya membagi beberapa guru untuk pelatihan yang jarak jauh, seperti Surabaya, Jakarta, Tanggerang, Sidoarjo. Tapi untuk pelatihan yang daerah Sampang selalu diikutkan semua mengingat biaya untuk pelatihan Tahfidz tidak murah. Keempat dalam proses Evaluasi setiap bulan rutin evaluasi dengan guru-guru dan kepala sekolah membahas kendala kesulitan dan haasil kinerja guru. Sehingga bisa menemukan jalan keluar.
Kata Kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Tenaga Pendidik.