Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Di MTs. Nahdlatul Athfal Gersempal

Authors

  • Faqih Faqih Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Munib Munib Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Moh Firman Haqiqi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pesantren.

Abstract

Abstrak   Pesantren adalah salah satu pendidikan yang diawali dengan kebutuhan masyarakat, akan tetapi pendidikan pesantren dapat dikatakan kurang baik dikarenakan kurang optimalnya dalam sistem pembelajarannya terlebih pada pendidikan formal. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga permasalahan pokok dalam penelitian ini, yaitu Pertama, Bagaimana perencanaan manajemen kurikulum berbasis pesantren. kedua, Bagaimana program Pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis pesantren. Ketiga, Bagaimana evaluasi pelaksanaan manajemen kurikulum berbasis pesantren. Penelitian ini di lakukan di MTs. Nahdlatul Athfal Gersempal, Omben, Sampang. Dengan  menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Perencanaan Manajemen Kurikulum Pesantren ialah melibatkan kepala sekolah, dewan guru, dengan merencanakan sistem pembelajaran yang berbasis pesantren. Kedua¸Program Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Pesantren yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan formal dengan pendidikan pesantren, yang mana didalam nya terdapat kegiatan keagamaan, seperti kajian kitab-kitab dasar, baca kitab dan muroja’ah. Ketiga, evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Pesantren pengevaluasian nya secara konteks atau secara terpisah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengevaluasian, semua aspek tersebut di evaluasi dengan cara terpisah, agar pengevaluasian dapat maksimal.    

Downloads

Published

2021-09-02

Issue

Section

Articles