Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Materi Hasil-hasil dan Nilai Kebudayaan Masa Praaksara Menggunakan Model Think Pare Share Melalui Pembelajaran Classroom Pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021

Authors

  • Hayatun Nufus SMA Negeri 2 Sampang

Keywords:

Kata Kunci: Kualitas Belajar, Motivasi, Hasil Belajar.

Abstract

Abstrak   Kualitas atau motivasi belajar diperlukan dalam proses belajar mengajar karena dengan adanya motivasi, seorang siswa akan tergerak untuk melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar memegang peranan yang penting dalam memberikan semangat dalam belajar, sehingga siswa yang bermotivasi kuat memiliki energi yang banyak untuk mencapai hasil belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Keterampilan guru dalam pembelajaran Sejarah kelas X-MIPA-3  SMA Negeri 2 Sampang  mengalami peningkatan tiap siklus. Siklus I pengamatan keterampilan guru memperoleh skor 23 kategori baik. Siklus II meningkat menjadi 37 kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Sejarah melalui Model Think-Pair-Share mengalami peningkatan, dilihat dari hasil observasi tiap siklus. Siklus I memperoleh skor 17,43 kategori tidak baik. Siklus II meningkat menjadi 30,19 kategori sangat baik. Hasil belajar Sejarah siswa kelas X-MIPA-3  SMA Negeri 2 Sampang  meningkat melalui Model Think-Pair-Share. Ditunjukkan dari peningkatan persentase ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata siswa tiap siklus. Siklus I ketuntasan klasikal siswa 38% nilai rata-rata 70,5. Siklus II meningkat lagi menjadi 95%, nilai rata-rata 86,5. Mengacu pada indikator penelitian yaitu 80% siswa mengalami ketuntasan belajar individual 67, maka penelitian ini diyatakan berhasil. Hipotesis tindakan telah terbukti kebenarannya yaitu melalui Model Think-Pair-Share dapat meningkatkan Kualitas atau motivasi belajar terdiri dari keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah kelas X-MIPA-3  SMA Negeri 2 Sampang.    

Downloads

Published

2021-09-02

Issue

Section

Articles