Penerapan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran IPA
Authors
Raudatul Jannah
MTs Negeri 1 Sampang
Keywords:
Kata kunci: HOTS, Taksonomi Bloom,Pembelajaran IPA SMP/MTs
Abstract
Abstrak
Dalam Permendiknas nomor 16 Tahun 2007 menyatakan bahwa kompetensi guru dalam segi pedagogik yaitu mampu melaksanakan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar, melalui kompetensi inti terfokus pada instrumen penilaian. Dalam dunia pendidikan, penilaian memiliki arti suatu proses pengumpulan dan pengolahan informasi yang bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik. Pembelajaran IPA di SMP/MTs diutamakan dilakukan melalui metode inkuiri ilmiah (scientific inquiry) agar dapat menumbuhkan kemampuan berpikir ( BSNP,2006). Pengembangan Keterampilan berpikir ini diharapkan telah mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau l e b i h dikenal dengan istilah HOTS (Higher Order Thinking Skill), hal ini jika ditinjau dari ranah kognitif pada Taksonomi Bloom, berada pada level C4, C5 dan C6 yaitu analisis, sintesis, dan evaluasi. Dalam melakukan penilaian pada ranah kognitif ini, guru membutuhkan instrumen penilaian dalam bentuk soal-soal HOTS. Pengembangan soal HOTS diawali dengan menganalisis indikator yang dikembangkan dari kompetensi dasar, mengidentifikasi kata kerja operasional dalam taksonomi Bloom daam level keterampilan berpikir tingkat tinggi kemudian menuliskan soal sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Penerapan soal HOTS dalam pembelajaran IPA perlu bervariasi agar seluruh keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dilatihkan melalui soal ini. Dalam artikel ini dijelaskan tentang pengertian HOTS, Taksonomi Bloom yang mengembangkan HOTS berikut contoh soal HOTS yang sesuai dengan kompetensi dasar materi IPA dan level HOTS siswa SMP/MTs secara bervariasi.