MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI PENGGUNAAN KATA DEPAN DENGAN MENERAPKAN METODE THINK PAIR SHARE SISWA MAN SAMPANG

Authors

  • Masrurul Fajariyah Guru Bahasa Indonesia MAN Sampang

Keywords:

Kemampuan, Memahami, Think Pair Share.

Abstract

Berdasar pengalaman mengajar bahasa Indonesia, banyak dijumpai berbagai permasalahan yang dihadapi siswa dikarenakan banyaknya materi yang dikembangkan dalam kurikulum, sehingga belum mampu mencapai KKM yang sebesar nilai 75, dan siswa belum mampu memahami materinya mencapai 75%. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI MAN Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Ada peningkatan secara positif nilai rata-rata kelas siswa dalam mema-hami materi penggunaan kata depan setelah guru menerapkan metode think pair share (TPS) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Ada peningkatan secara positif nilai persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam memahami materi penggunaan kata depan setelah guru menerapkan metode pembelajaran think pair share (TPS) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Ada peningkatan secara positif  aktivitas siswa dalam pembelajaran untuk memahami materi penggunaan kata depan setelah guru menerapkan metode think pair share (TPS)dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Ada peningkatan secara positif aktivitas guru dalam pembelajaran setelah guru menerapkan metode pembelajaran think pair share (TPS)melalui materi penggunaan kata depan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.   Kata Kunci: Kemampuan, Memahami, Think Pair Share.

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles