MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI METABOLISME MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MADRASAH ALIYAH NEGERI SAMPANG

Authors

  • Siti Aisyah Guru Biologi MAN Sampang

Keywords:

Penguasaan Materi, Pelajaran, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII MAN Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari data hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II yaitu, ketuntasan siswa siklus I (60,8%) dan siklus II (95,6%). Penerapan pembelajaran model pengajaran berbasis masalah (problem based learning) pelaksanaan nilai rata-rata tes formatif siswa semakin meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dalam pengelolaan pembelajaran nilai rata-rata siswa pada siklus I = 65,2 dan pada siklus II mencapai = 86,4. Berarti nilai rata-rata sangat terpenuhi dari target yang telah ditentukan sebelumnya. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual model problem based learning atau berbasis masalah dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa Kelas XII MAN Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang.   Kata Kunci: Penguasaan Materi, Pelajaran, Problem Based Learning.

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles