PENERAPAN PENILAIAN AUTHENTIK DALAM KURIKULUM K-13 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN SAMPANG

Authors

  • Ashfiyatul Untsa Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Syaiful Qorib Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi, Kualitas Belajar, Metode Pembelajaran.

Abstract

Keterampilan berbahasa yang  sangat penting peranannya dalam upaya  melahirkan  generasi masa  depan  yang  cerdas,  kritis,  kreatif,  dan berbudaya   adalah   keterampilan   Menulis Surat. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa pengajaran bahasa  Indonesia telah menyimpang jauh dari misi sebenarnya. Guru lebih banyak berbicara tentang bahasa ( talk about the language )  daripada melatih menggunakan bahasa ( using language ). Dengan kata lain, yang ditekankan adalah penguasaan tentang bahasa ( form-focus ). Jika kondisi pembelajaran semacam itu dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin keterampilan  Menulis Surat  di  kalangan siswa  SMA akan terus berada pada aras  yang  rendah. Prinsip-prinsip   pemakaian   bahasa   yang   diterapkan   dalam   pendekatan pragmatik,   yaitu  (1)   penggunaan  bahasa  dengan  memperhatikan   aneka   aspek situasi   ujaran;   (2)   penggunaan   bahasa   dengan   memperhatikan   prinsip-prinsip kesantunan;  (3)  penggunaan bahasa dengan memperhatikan prinsip-prinsip kerja sama; dan (4)  penggunaan bahasa dengan memperhatikan faktor-faktor  penentu tindak komunikatif. Melalui   prinsip-prinsip   pemakaian   bahasa   semacam   itu,   pendekatan pragmatik   dalam   pembelajaran   keterampilan  bercerita  diharapkan   mampu membawa   siswa   ke  dalam   situasi   dan  konteks   berbahasa   yang  sesungguhnya sehingga keterampilan Menulis Surat mampu melekat pada diri siswa sebagai sesuatu yang rasional, kognitif, emosional, dan afektif.   Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi, Kualitas Belajar, Metode Pembelajaran.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles