AGAMA DAN PENDIDIKAN: ANALISIS RELASI DAN IMPLIKASINYA DALAM UPAYA PENGEMBANGAN EKONOMI

Authors

  • Mohammad Thoyyib Madani IAI Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Agama, Pendidikan, Ekonomi

Abstract

Bagi orang yang beriman, agama merupakan elemen yang paling fundamental dalam kehidupan.Dikatakan demikian, karena ia tidak hanya terkait dengan keimanan pemeluknya, namun lebih dari itu agama juga merupakan perangkat prinsip- prinsip dan nilai-nilai sakral yang sangat diyakini kebenarannya, sempurna dan komprehensif. Prinsip-prinsip dan nilai- nilai agama yang tidak lekang ditelan zaman tersebut dianggap mampu menjadi energi yang positif tidak hanya pada prilaku individu tetapi juga perilaku sosial- ekonomi. Agama dengan demikian, tidak hanya berkaitan dengan persoalan individu tetapi juga berkaitan dengan permasalahan sosial- ekonomi. Islam misalnya, bukan hanya sekedar agama yang bersifat individual tetapi juga sosial. Bahkan banyak ayat- ayat Al-Qur’an mengandung dimensi sosial termasuk ekonomi. Proses internalisasi prinsip-prinsip dan nilai-nilai agama oleh individu pemeluk agama dalam banyak segi berkaitan erat dengan pendidikan yang bersifat sosial. Transformasi prinsip-prinsip dan nilai-nilai serta pewarisan budaya Islam dari generasi ke generasi berikutnya melaui proses pendidikan. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat relasi yang erat antara agama, ekonomi dan pendidikan.   [1]Istilah agama (religion) dalam Islam dikenal dengan term din, menurut al-Attas maknanya tidak sama dengan konsep agama sebagaimana yang biasanya diinterpretasikan dan dipahami dalam sejarah dan peradaban keagamaan Barat. Pengertian agama sebagai din dimana semua konotasi dasar yang berkaitan dengan term din dilukiskan sebagai terpadukan kedalam satu kesatuan yang saling kait mengkait seperti tercermin dalam Al-Qur’an dan Bahasa Arab. Dalam Bahasa Arab arti utama dari istilah din dapat diringkas menjadi empat yaitu: (1) keberhutangan; (2) kepatuhan (3) kekuasaan bijaksana (4) kecenderungan alami atau tendensi. Lihat dalam Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas. Konsep Pendidikan dalam Islam, (Bandung: Mizan,1984), h. 71-72).

Downloads

Published

2021-12-27

Issue

Section

Articles