PERAN E-COMMERCE TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)
Authors
Moh Rodiaminollah
Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
Ismail Ismail
Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
Lu'lu' Nurul Qomariyah
IAIN Madura
Keywords:
Ekonomi, E-commerce, Pengembangan Usaha
Abstract
Ekonomi merupakan salah satu sumber ketahanan hidup dalam waku jangka panjang, dalam kata lain ekonomi adalah sebagai sandang pangan dan papan sebagai pemenuhan hidup yang berkelanjutan. Ekonomi menjadi salah satu kegiatan atau ilmu yang mengatur dalam tatanan keuangan masyarakat baik individu maupun kelompok. Seiring dengan dinamika zaman ekonomi semakin hari semakin berkembang yakni karena adanya alat pendukung seperti e-commerce. Berdasarkan hal tersebut, maka ada beberapa permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana implementasi e-commerce terhadap Toko EMHA Sablon. Kedua, bagaimana peran e-commerce terhadap pengembangan di Toko EMHA Sablon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi e-commerce pada Toko EMHA Sablon telah teraplikasikan pada system pemasaran produk dan jasa, penjualan, pembelian, dan system transaksinya. Kedua, dampak implementasi e-commerce pada Toko EMHA Sablon adalah pertumbuhan produksi, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhan laba.