IMPLEMENTASI HALAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA BISNIS PANGAN
Authors
Nishfi Lailatul Maknunah
Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
Rifdianti Rahma
Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
Suhulil Amal
Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
Keywords:
Makanan, Industri Halal, Bisnis, Halal Supply Chain Management.
Abstract
Indonesia merupakan Negara yang penduduknya dominan Muslim. Oleh karena itu peminat makanan halal semakin hari semakin meningkat. Halal menjadi aspek penting penduduk muslim dalam menjalankan kehidupanya. Konsumen tidak hanya menginginkan produk halal melainkan juga halal pada proses pembuatan atau penyiapan produk. Artikel ini bertujuan untuk membangun jiwa-jiwa para pedagang pangan agar memperhatikan dan memanajemen produk olahannya untuk dikonsumsi bagi konsumennnya dengan yang sudah dijelaskan pada al-qur’an dan hadits tentang makanan halal dan haramnya. Manjemen rantai pasok halal atau halal supply chain management merupakan kunci dalam menerapkan prinsip halal dalam suatu produk, khususnya produk makanan. Kegiatan dalam pelaksanaan proses kehalalan membutuhkan pendekatan rantai pasokan di mana rantai nilai dan kegiatan rantai pasokan tersebut harus dilaksanakan sesuai dengan nilai - nilai syariah Islam yang berlaku. Berbisnis bukan untuk memperoleh laba yang banyak, melainkan dalam berbisnis dari aspek pengolahan, aspek pemasaran, dan aspek mendistribusikan harus dengan management sebaik mungkin. Dengan perkembangan zaman semakin tahun semakin berkembang persaingan semakin ketat, banyaknya pebisnis muda yang berkompeten, maka setiap pebisnis baik kalangan muda maupun tua harus bersaing dengan nilai dan aspek yang baik dan bagus untuk lancarnya usaha mereka masing-masing. Untuk itu menjadi pebisnis itu bukan hal yang mudah akan tetapi pasti ada setiap haling rintangnya dalam perjalanannya. Dari titik permulaan sampai nantinya menjadi pebisnis yang sukses dan multitalent.