EFEKTIVITAS PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA PRODUK UMKM

Authors

  • Mahmudanil Haqqi Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
  • Anin Rofiqoh Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
  • Endang Nurmasita Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik
  • Fitroh Bariroh Alhawa Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik

Keywords:

Produk Halal, Labelisasi, UMKM

Abstract

Umat ​​Islam dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan halal. Banyak pernyataan menunjukkan termasuk didalam Al-quran dan hadist namun tidak semua produk yang dijual di pasar atau toko memberikan informasi tertentu tentang status mereka, apakah halal atau haram. Pabrik biasanya hanya menyebutkan secara singkat isi produk di bagian luar kemasan. Untuk mengurangi kecemasan Muslim, ide pelabelan produk harus diperhitungkan. Mungkin membantu orang memilih konsumsinya dengan memperhatikan label halal yang tercetak keluar dalam paket. Sebagian orang belum faham akan label pada makanan dan menyebabkan mereka masih meragukan kehalalan dari makanan tersebut Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur urgensi edukasi pelabelan produk halal pada bisnis UMKM dengan mewawancarai beberapa orang-orang dari berbagai latar belakang untuk memetakan konsep mereka secara objektif.    

Downloads

Published

2022-01-04

Issue

Section

Articles