ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS DI TOKO KEBUN ASRI NGAWI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DIMASA COVID 19

Authors

  • Mahmudi Mahmudi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Iftihor Iftihor Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Linawati Linawati Institut Agama Islam Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.35127/iqtisodina.v4i2.6428

Keywords:

Perilaku Konsumen, Tanaman Hias

Abstract

Abstrak PerilakuKonsumen adalah sejumlah tindakan-tindakan nyata individu (Konsumen) yang dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eskternal yang mengarahkan mereka untuk menilai, memilih, mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa yang diinginkan. Diantara banyaknya jenis usaha mikro dan menengah di Indonesia salah satunya yaitu jenis usaha penjualan Tanaman hias Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian tanaman hias di toko kebunasri Ngawi. Penelitian ini dilaksanakan di Toko Tanaman Hias Kebunaasri Ngawi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor          yang      mempengaruhi perilaku         konsumen           terhadap keputusan pembelian tanaman hias, yaitu Faktor Pribadi, Faktor Sosial, dan Faktor Psikologis. Dan untuk proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian tanaman hias, dimulai dari kesadaran akan kebutuhan, pencarian informasi, pemilihan altermatif, pembelian, dan perilaku pasca beli yang akan menunjukan konsumen itu puas atau tidak terhadap tanaman yang dibeli. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Tanaman Hias.

Downloads

Published

2021-12-20

Issue

Section

Articles