ANALISIS PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM PADA UMKM

Authors

  • Siti Nurhaliza Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdur Rohman Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.35127/iqtisodina.v7i2.7769

Keywords:

UMKM, Zaramuthir, Etika Bisnis Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah UMKM Zaramuthir telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya dan bagaimana penerapan prinsip etika bisnis Islam dalam UMKM Zaramuthir. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan UMKM Zaramuthir telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam menjalankan usahanya, dengan prinsip kesatuan/tauhid, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran.   Kata Kunci: UMKM, Zaramuthir, Etika Bisnis Islam.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Submissions