strategi pemasaran, umkm, era digital, brand awareness, media sosial, studi kelayakan bisnis.
Abstract
Tingkat persaingan yang semakin tinggi di era digital menuntut UMKM untuk mengadopsi strategi pemasaran yang efektif guna memperkuat brand awareness mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM pada toko busana "Gerai Medi" di Kota Pamekasan di era digital, dengan fokus pada membangun brand awareness. menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwasanya aspek strategi pemasaran pada toko busana gerai medi melalui tiga cara yaitu instagram, tiktok, whatsaap, dan facebook, memiliki peluang sangat efektif dalam pemasaran produknya. Terbukti bahwa gerai medi mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan secara offline.
Kata Kunci: strategi pemasaran, umkm, era digital, brand awareness, media sosial, studi kelayakan bisnis.