ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH UMKM BATIK

Authors

  • Abel Fitriyaningrum Universitas Trunojoyo Madura
  • Abdur Rohman Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.35127/iqtisodina.v7i2.7772

Keywords:

Strategi Pemasaran syariah,

Abstract

Batik Sendang Duwur merupakan batik yang diproduksi oleh warga Desa Sendang Duwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Terutama sesuai dengan karakteristik Desa Sendang Duwur sebagai wilayah pesisir. Penelitian menunjukkan bahwa pemilik UMKM Batik Sendang Duwur Paciran Lamongan telah menanamkan sifat-sifat berdagang Rasulullah SAW, seperti Shidiqq (jujur dan benar), Amanah (dapat dipercaya), Fathanah (cerdas), dan Tabligh. Proses pemasarannya yang jujur, amanah, dan transparan tentang produk yang dijualnya, dan melihat pesaingnya sebagai mitra dan melihat persaingan secara sehat, menunjukkan hal ini. Pemasaran menggunakan kombinasi 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data tentang subjek dan sumbernya melalui pengamatan. di UMKM Batik Sendang Duwur Paciran Lamongan kemudian peneliti melakukan pengumpulan data hasil wawancara, catatan lapangan. Peneliti ini melibatkan pemilik toko dan karyawan disana. Kata Kunci; Strategi Pemasaran syariah, 

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Submissions