ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA TOKO KELONTONG BANDUNG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

Authors

  • Afrilia Helfiana Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.35127/iqtisodina.v7i2.7773

Keywords:

Strategi Pemasaran, Persaingan, Bauran Pemasaran.

Abstract

Perkembangan teknologi dan persaingan usaha semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) harus memiliki startegi yang bagus agar tidak kalah kompetitor, terlebih lagi pesaing dalam dunia pertokoan sangat besar karena kalah merk dengan toko-toko besar seperti alfamart, indomaret. Tujuan dari penelitian ini guna untuk menggambarkan bagaimana cara pemasaran yang baik dan besar agar dapat meningkatkan penjualan pada toko kelontong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatis dengan Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penjulan yang diperoleh oleh toko kelontong bandung sangat stabil dan mendapatkan keuntungan dari bulan sebelumnya.   Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Persaingan, Bauran Pemasaran.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Submissions