PSIKOLOGI INDUSTRI BISNIS OBJEKTIF DAN TARGET

Authors

  • Nur Betty Purnama Putri Universitas Trunojoyo Madura
  • Mochammad Isa Anshori Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.35127/iqtisodina.v7i2.7783

Keywords:

Business objectives and targets.

Abstract

Business objective and target adalah target bisnis yang dinyatakan secara spesifik, terukur, realistis, relavan dan berbatas waktu. Dengan kata lain mewakili hasil apa yang kita inginkan, misalnya dalam satu tahun, dua tahun, tiga tahun dan seterusnya. Hasil tersebut sebisa mungkin harus terukur. Sehingga, kita bisa menilai kemajuan kita dan mengukur seberapa baik dan cepat kita mencapainya. Selain itu, objective yang terukur juga penting untuk mengambil langkah korektif ketika tidak tercapai sesuai dengan yang kita tetapkan. Di era teknologi big data saat ini, data yang banyak dimiliki perusahaan dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. Misalnya pemanfaatan data profit usaha untuk evaluasi kinerja. Proses evaluasi kinerja yang objektif yang dapat menggambarkan konidisi perusahaan yaitu melalui pencapaian target-target dari setiap faktor yang mempengaruhi pencapaian profit. Banyaknya veriabel yang mempengaruhi percapaian profit ini maka dibutuhkan analisa yang mendalam dan tersistem agar mendapatkan informasi yang utuh, cepat dan akurat. Akan tetapi, selama ini perusahan distributor hanya fokus pada faktor penjualan saja, dan mengabaikan factor yang lain. Selanjutnya, jumlah data keuangan yang besar yang telah terkomputerisasi selama ini di Gerai Mustika juga belum dimanfaatkan secara maksimal untuk membantu manajemen dalam memperkirakan pencapaian profit dimasa masa depan. Penelitian bertujuan untuk membangun sistem estimasi pencapaian target profit dari data keuangan perusahaan menggunakan model regresi berbasis machine learning.  

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Submissions