Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Online Melalui Aplikasi Google Classroom Dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Robatal Kabupaten Sampang

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Robatal Sampang

Keywords:

Kompetensi Guru, Pembelajaran Online (E-Learning), Pendekatan Komunikatif

Abstract

Pelaksanaan penelitian pengembangan dan tindakan sekolah oleh peneliti sebagai kepala sekolah melalui pemberdayaan dan motivasi kegiatan pembinaan, pelatihan, workshop dalam pengelolaan pembelajaran online (e-learning) aplikasi google classroom dengan menggunakan pendekatan yang komunikatif dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru mengelola pembelajaran online.  Berdasarkan data hasil analisis penelitian bahwa pada siklus I diperoleh hasil observasi pengelolaan pembelajaran online aplikasi google classroom jumlah nilai sebesar 1675 dengan nilai rata-rata 59.8 atau 60% dengan kategori rendah, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik, karena adanya motivasi serta pemfasilitasan dengan menggunakan pendekatan komunikatif sehingga pada siklus II mengalami peningkatan pengelolaan pembelajaran online sebesar 2310 dengan nilai rata-rata 82.5 atau 83% dengan kategori tinggi. Hasil peningkatan kompetensi guru pengelolaan pembelajaran online aplikasi google classroom jumlah nilai sebesar 2005 dengan nilai rata-rata 71.6 atau 72% dengan kategori kurang, sedangkan pada siklus II adanya pengembangan pengelolaan pembelajaran online aplikasi google classroom yang lebih baik, dan adanya motivasi serta pemfasilitasan dengan menggunakan pendekatan komunikatif, maka pada siklus II mengalami peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran online sebesar 2385 dengan nilai rata-rata 85.2 atau 85% dengan kategori Baik.

Downloads

Published

2021-11-30 — Updated on 2021-12-01

Versions

Issue

Section

Articles