Fungsi Monitoring Kepengawasan Kepala Madrasah Dan Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Pada Madrasah Binaan

Authors

  • Rissa’adah Rissa’adah Pengawas Madrasah Kecamatan Omben Sampang

Keywords:

Fungsi Monitoring, Pengelolaan Pembelajaran

Abstract

Monitoring sebagai satu teknik pendekatan dalam mengembangkan pembelajaran guru merupakan suatu pola yang didasarkan pada asumsi dasar bahwa proses belajar guru untuk berkembang dalam jabatannya tidak dapat dipisahkan dari proses belajar yang dilakukan guru tersebut. Belajar bersifat individual, oleh karena itu, proses sosialisasi harus dilakukan dengan membantu guru secara tatap muka dan individual. Monitoring sebagai suatu teknik memiliki langkah-langkah tertentu yang perlu mendapat perhatian untuk mengembangkan profesionalitas kepala madrasah dan guru. Pengawas madrasah yang bertugas sebagai supervisor hanya tinggal mengatur dan mengalokasikan waktu yang terprogram antara pengawas madrasah sebagai supervisor dengan guru sebagai orang yang membutuhkan bimbingan. Kegiatan ini sebenarnya akan memberikan dampak yang signifikan bagi kedua belah pihak. Guru merasa terbantu dengan bimbingan pengawas madrasah, sedangkan pengawas madrasah akan mendapatkan keuntungan berupa peningkatan kualitas pembelajaran yang ada pada setiap kepala madrasah dan guru.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles