Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan kualitas Pembelajaran Siswa

(Studi Kelas IX B Madrasah Tsanawiyah Negeri Sampang)

Authors

  • Anik Rahmaniyah Madrasah Tsanawiyah Negeri Sampang

Keywords:

Model Pembelajaran Talking Stick, Kualitas Pembelajaran Siswa

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris dengan model talking stick akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam pembelajaran, siswa akan terdorong untuk memperhatikan penjelasan guru karena siswa harus siap memberikan jawaban apabila mendapatkan pertanyaan dari guru tentang materi yang diajarkan. Pembelajaran Bahasa Inggris dengan model talking stick akan lebih optimal bila ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran materi procedure text. Metode yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pada siklus I data keterampilan guru memperoleh skor 16 yang termasuk dalam kriteria cukup. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data keterampilan guru mengalami peningkatan dengan perolehan skor sebanyak 22 yang termasuk dalam kriteria baik. Pada pelaksanaan tindakan siklus III jumlah skor keterampilan guru yang diperoleh sebanyak 27 dengan kriteria sangat baik. Keterampilan guru telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang- kurangnya mencapai kriteria baik. Pembelajaran Bahasa Inggris melalui model talking stick dengan media visual materi procedure text pada siswa Kelas IXB MTs Negeri Sampang Kabupaten Sampang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada pembelajaran Bahasa Inggris siklus I data aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata 11,4 dengan kriteria cukup. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor rata-rata 15,1 dengan kriteria baik. Pada pelaksanaan tindakan siklus III data aktivitas skor rata-rata 17,1 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang- kurangnya mencapai kriteria baik.

Downloads

Published

2021-11-30

Issue

Section

Articles