KETERAMPILAN MENGAJAR MEMBACA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
Authors
M Mansyur
Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
Taufikurrahman Taufikurrahman
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jatim
Keywords:
Keterampilan Mengajar dan Tekhnologi Informasi.
Abstract
Pemanfaatan tekhnologi terhadap pembelajaran membaca memiliki efek yang sangat besar dan lebih terasa pada saat ini, dimana situasi pendidikan terhenti secara konvensional disebabkan pandemi covid-19. Sesuai dengan aturan pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan diberlakukan pengawasan ketat terhadap proses pembelajaran dengan tidak diperkenankan menyelenggarakan pendidikan melalui tatap muka. Artinya, pelaksanaan pembelajaran lebih memanfaatkan tekhnologi informasi (Daring). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data meliputi kepala sekolah, guru bahasa arab dan siswa di SMA Al-Miftah Panyeppen Pamekasan. Tekhnik pengumpulan data meliputi wawancara semi structural, observasi non partisipan dan analisis dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengguanakan reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: Pertama, latar belakang peningkatan keterampilan mengajar membaca berbasis tekhnologi informasi dilakukan karena SDM dan SDA guru kurang memadai, maka perlu ditingkatkan keterampilan mengajar membaca berbasis tekhnologi informasi. Kedua, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mengajar membaca berbasis tekhnologi informasi berbentuk fisik dan non fisik. Ketiga, hambatan yang dirasakan dalam peningkatan keterampilan mengajar membaca berbasis tekhnologi informasi bersumber dari pihak internal dan eksternal. Keempat, hasil dari peningkatan keterampilan mengajar membaca berbasis tekhnologi informasi berbentuk softskill dan hardskill.