Peran Komunikasi Efektif Antara Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran di SDN Asemnonggal 1 Jrengik Sampang
Keywords:
Urgensi, Komunikasi Efektif, Proses Pembelajaran.Abstract
Dalam dunia pendidikan. proses pembelajaran akan efektif, jika komunikasi antara guru dengan siswa terjadi secara efektif dan efisien. Komunikasi adalah kunci kegiatan pembelajaran. Pendidik adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas komunikasi efektif yang sedang berlangsung dalam pembelajaran, sehingga guru sebagai pendidik diwajibkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menciptakan proses belajar yang nyaman. Sehingga seorang guru harus mampu menguasai pola dan teknik komunikasi yang baik dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran komunikasi efektif Antara Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran di SDN Asemnonggal 1 Jrengik Sampang. (2) Bagaimana bentuk komunikasi efektif Antara Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran di SDN Asemnonggal 1 Jrengik Sampang.Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diambil yaitu primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan keterlibatan peneliti di setiap kejadian di lokasi penelitian, triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian sebagai berikut. Hasil penelitian dan analisis menunjukan bahwa terdapat komunikasi efektif antara guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar memiliki peran kunci dalam menunjang keberhasilan pendidikan . Adapun komunikasi efektif antara guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar dalam bidang studi pendidikan agama Islam di SDN Asemnonggal 1 Kec. Jrengik Kab. Sampang terdiri atas: 1) komunikasi intrapersonal, 2) komunikasi antarpersonal berupa komunikasi pribadi antara guru dengan siswa, dan 3) komunikasi kelompok.Downloads
Published
2024-02-03
Issue
Section
Articles