Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui Integrasi Kurikulum Di Sma Sabilillah Sampang
Keywords:
Kompetensi Perserta Didik, Integrasi KurikulumAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Integrasi Kurikulum dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMA Sabilillah Sampang. Maka ada empat fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Data-data yang akan disajikan diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informanya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru dan Peserta Didik. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan menujukkan bahwa: Pertama, Perencanaan integrasi kurikulum dimulai dengan diskusi, rapat dan pembentukan tim, menentukan tujuan, konsep dan strategi, dan kualifikasi guruvdan siswa. Kedua, Pengorganisasian dalam integrasi kurikulum di SMA Sabililillah yaitu pembagian tenaga pendidik, siswa, materi, kelas dan silabus. Ketiga, Pelaksanaan integrasi kurikulum di SMA Sabilillah disesuaikan dengan perencanaan yang telah disusun, mulai dari pelaksanaan belajar mengajar yang terdiri dari tiga kelas untuk kelas X (sepuluh) yaitu iptek dan sains, bilingual, multimedia dan komunikasi, dalam pelaksanaannya semua memiliki pemfokusan masing-masing. Keempat, Evaluasi Integrasi kurikulum di SMA Sabilillah dilaksanakan dalam satu minggu satu kali untuk mengevaluasi segala kegiatan atau hal-hal yang dilakukan di SMA sabilillah selama satu minggu dan yang kedua evaluasi satu bulan satu kali, evaluasi ini fokus kepada proses belajar mengajar di kelas, dan juga melihat perkembangan dari setiap peserta didik.Downloads
Published
2024-09-13
Issue
Section
Articles