Langghar Sebagai Khasanah Penguatan Pelestarian Faham Ahlu Al Sunnah wa Al Jama’ah di Langghar Temor Langgar AL-Hidayah Desa Lepelle Robatal Sampang

Authors

  • Wasik Wasik Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Ainon Navila Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Arifin Arifin Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Langgar, pelestarian budaya, penguatan ahlussunnah waljama’ah

Abstract

Abstrak Langgar menjadi salah satu pusat pengembangan pendidikan dasar  dalam menuntut ilmu agama bagi anak-anak diusia dini, karena sudah menjadi tradisi masyarakat pedesaan dalam menitipkan anak-anaknya yang masih belum bisa membaca Alqur’an di langgar, sebagai bentuk ekspresi kebudayaan dan keberagamaan, nyatanya tidak hanya sebatas pengetahuan  dalam beberapa hal tertentu, akan tetapi langgar juga sebagai pusat pengembangan ilmu agama Islam dimasa lalu yang merupakan warisan budaya sebagai khasanah penguatan pelestarian ahlussunnah wal jam’ah, pendidikan di langgar merupaka cikal bakal pendidkan ke semua jenjang yang sumbernya dari Alqur’an dan Al-hadits. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan mengungkap bebagai makna dibalik data secara mendalam. sedangkan hasil penelitian ini pendidik yang lebih kompeten berpengalaman,serta berwawasan yang lebih luas lagi terutama dalam bidang keagamaan. Dalam Penelitian ini mengajarkan pada seorang peneliti, bahwasannya langgar tetap merupakan salah satu lembaga pendidikan keislaman yang memiliki peranan penting dalam memperkenalkan ajaran agama yang sesuai dengan Alqur’an dan sunnah  rasul ditengah masyarakat dan  zaman yang semakin berkembang

Published

2024-09-13

Issue

Section

Articles