Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Tkit Nurul Hidayah Rongtengah Sampang

Authors

  • Badruttamam Badruttamam Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Siti Riskana Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Keywords:

Kepemimpinan Kepala sekolah dan Mutu lulusan

Abstract

Abstrak Dalam pendidikan mutu adalah faktor kunci dalam kompetisi, baik tingkat lokal, regional, nasional pelayanan yang dihasilkan oleh berbagai pendidikan,   ditentukan oleh kompetesi manajerial, kepemimpinan, visi dan integritas kepribadian para manajer, guru-guru dan pengawai dalam mengelola pendidikan dengan begitu peran kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan lembaga pemdidikan.Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di TK IT Nurul Hidayah kedua, bagaimana peningkatan mutu luluasan di TK IT nurul Hidayah ketiga bagaimana efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di TK IT Nurul HidayahPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriftif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kepemimpinan kepala sekolah berusaha menjalankan tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin dan lebih mengedepankan komitmen dan kedisiplinan untuk tugasnya masing masing. Kedua, peningkatan mutu lulusan dapat dilihat dari proses belajar mengajarnya. pembelajaran di TKIT Nurul hidayah 50% kurikulum lokal keagamaan 50% kurikulum nasional merdeka belajar mengambil yang mandiri berubah, dan guru harus membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang sesuai dengan tahap usia anak untuk menjadi acuannya dan harus di ACC  terlebih dahulu oleh kepala sekolah. Proses pembelajarannya berdiferensi yang diterapkan mulai dari model pembelajaran sentra, pengembangan karakter, dan mengembangkan enam aspek pengembangan yang ada di TK ( Moral agama, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan seni) sesuai dengan tahap usianya dengan memberi pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenagkan dan berinovasi serta berbagai macam program yang diadakan untuk menghasilkan lulusan yang baik sesuai denagn standart kometensi lulusan. Untuk peningkatan lulusan di TKIT Nurul hidayah sangat baik, serta kesiapannya untuk lanjut di jenjang selanjutnya (SD). Ketiga, efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan, menjalankan tanggung jawabnya sebagai kepala sekolah dan memanajerial sumber daya yang ada sebagai sumber belajar, memberi pemahaman terhadap orang tua, serta saling bersinergi antara kepala sekolah dengan guru dan guru dengan guru serta mengefektifkan secara finansialnya dan selalu dievaluasi untuk melihat pencapaian yang dicapai sesuai dengan tujuan lembaga TKIT Nurul Hidayah Rongtengah Sampang.

Published

2024-09-13

Issue

Section

Articles