Penggunaan Media Kartu Kuartet Pahlawan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negeri Terrak 1

Authors

  • Samsul Arifin Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Tsurayya Kamila Novita Guru SD Negeri Terrak 1 Tlanakan

Keywords:

Hasil Belajar, tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, media kartu kuartet

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena materi IPS, khususnya materi tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang masih sulit dipahami siswa, karena guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga peneliti tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa materi tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia melalui media kartu kuartet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (Dua) silkus, masing-masing siklus terdiri dari 3 (tiga) kali pertemuan. Hipotesis penelitian ini adalah, dengan materi menghargai tokoh media kartu kuartet dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pejuang kemerdekaan Indonesia melalui media apron pada siswa kelas 5 SDN Terrak 1 kec Pamekasan. Hasil penelitian telah mencapai target keberhasilan. Prosentase yang diperoleh pada pra siklus sebesar 17%, pada siklus I sebesar 52,1%, dari pra siklus ke siklus I terjadi kenaikan sebesar 35,1%. Siklus II sebesar 85,4%, yang berarti terjadi  kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 33,3%. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu kuartet dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menghargai tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas 5 SDN Terrak 1 Kec Tlanakan.

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles