Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Vlog Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di MA Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang
Keywords:
Media Pembelajaran Berbasis Vlog dan Kreativitas SiswaAbstract
Dalam pembelajaran guru tidak cukup hanya menyampaikan pengetahuan saja. Akan tetapi juga harus mampu menciptakan suasana kelas yang penuh perhatian, sehingga proses belajar mengajar akan lebih efektif dan tercapai tujuan yang optimal. Oleh karena itu guru harus mampu menentukan media yang terbaik yang akan digunakan. Ketepatan dalam penggunaan media pembelajaran sangat menentukan terciptanya kondisi yang kondusif dan menyenangkan sehingga memberikan peluang kepada peserta didik memperoleh kemudahan untuk mempelajari bahan pelajaran yang disampaikan guru. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis Vlog Di MA Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang, kedua, bagaimana kreativitas siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Vlog di MA Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data yang diperoleh adalah melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa MA Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengembangan media pembelajaran berbasis vlog ini menggunakan model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu: analisis karakteristik peserta didik (analyze learner characteristic), menetapkan tujuan pembelajaran (state performance objective), memilih metode, media, dan materi (select media, and materials), pemanfaatan bahan dan media pembelajaran (utilize materials), melibatkan peserta didik dalam proses belajar (requires learner participation), evaluasi dan revisi (evaluate and revize). Kedua, Kreativitas siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Vlog adalah salah satunya dapat mengembangkan keterampilan multimedia seperti menulis review materi, mengedit video, dan mengambil gambar atau rekaman suara, yang semuanya memerlukan kreativitas dalam penyampaian pesan, cerita atau materi pembelajaran. Siswa juga dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan menyajikan cara-cara yang menarik. Seperti di konsep sambil bermain, tebak-tebakan, konsep pelajaran kepada teman sekelas, bahkan publik luas dengan cara yang menarik dan mudah dipahami, seperti menggunakan demonstrasi visual, atau contoh kasus.Downloads
Published
2025-02-14
Issue
Section
Articles