Metode Forward and Backward Steps sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Nurul Amanah Bangkalan

Authors

  • Mudarris Mudarris STAI Darul Hikmah Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3325

Keywords:

pembelajaran matematika, Forward and Backward Steps

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pendidikan yang bertujuan membawa siswa pada suatu keadaan yang lebih baik. Untuk mencapai hasil yang baik, diperlukan usaha-usaha yang menuntut seorang guru untuk inovatif dan kreatif. Pada penelitian awal yang dilakukan, banyak siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal matematika pada materi bilangan bulat. Untuk itu peneliti akan mengunakan action reseach dalam menguji metode Forward and Backward Steps sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat siswa SMP Kelas VII SMP Nurul Amanah.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
_________________, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Effensi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 13. No 2. Hal 1–10.
Heirdsfield, Ann. 2000. Mental computation: Is it more than mental architecture: Presented at the Annual Meeting of the Australian Association for Research in Education. Sydney.
Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA Universitas Negeri Malang
Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika. Edisi Khusus. No 1. Hal 21–32.
Krismanto, AL. 2003. Beberapa Teknik, Model, Dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Pelatihan Instruktur/Pengembang SMU.Yogyakarta: PPPG Matematika Yogyakarta. Hal 1–17
Peraturan Pemerintah. 2008. Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. Jakarta: DPR RI.
Purnomo, Yoppy Wahyu. 2013. Komputasi Mental Untuk Mendukung Lancar Berhitung Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Hal 658–662
Sanjaya, Wina H. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2018-10-12

How to Cite

Mudarris, M. (2018). Metode Forward and Backward Steps sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Nurul Amanah Bangkalan. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 115–132. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3325

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.