Implementasi Nilai-nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas – Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3818Keywords:
Implementasi Nilai-nilai pancasila, peserta didikAbstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang harus di dapat oleh setiap warga negara,di perkotaan sampai pelosok desa maupun pedalaman, tanpa pendidikan seseorang akan sulit untuk mencapai apa yang di harapkan ataupun yang di cita-citakan dalam kehidupannya. Dengan pendidikaan seseorang juga akan mampu merasakan kedamaian dalam diri dan kehidupannya. Di era digitalisasi saat ini yang telah banyak bermunculan ragam pemikiran baik yang berasal dari kalangan agamawan, kalangan elit politik maupun pemerintah agar Indonesia tetap menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa Indonesia yang beraneka ragam budaya, suku, bahasa, dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua, pendidikan di Indonesia harus sejak awal ditanamkan nilai-nilai pancasila pada peserta didik agar faham tentang pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia sampai mereka dewasa dan tua akan tetap tertanam dalam diri mereka sehingga sampai kapanpun bangsa ini tetap utuh dan tidak terprovokasi oleh siapa dan darimana yang menginginkan bangsa ini terpecahReferences
Hidayat, Nur, ‘Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global’, El-Tarbawi, 8.2 (2015), 131–45 <https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2>
Judiani, Sri, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.9 (2010), 280 <https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519>
Kalidjernih, Freddy K, ‘Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan Terhadap Revitalisasi Pancasila’, 16.1 (2019), 103–10
Mufaizin. "Metode Pendidikan Islam Perspektif Hadits." Edupedia 3.1 (2018): 55-66.
Maemunah, ‘Kebijakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0’, Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, September, 2018, 1–9
Meria, Aziza, ‘Model Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di SDLB YPPLB Padang Sumatera Barat’, 11.2 (2015), 355–80
Oktaviani Hidayat, Dewi, Inggi Eltariant, Rahmat Kevin Priyatna, and Sindi Agustina Fernanda, ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Degradasi Moral Terhadap Isu Sara Dan Hoax’, Jurnal Rontal Keilmuan PKN, 1945
Oktifuadi, Khoirrosyid, ‘No Title No Title’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2018), 1689–99 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>
Wahyono, Imron, ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli the Implementation of Pancasila ’ S Values in Learning Activities in Sdn 1’, 2018
Asmaroini, Ambiro Puji, ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi’, Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4.2 (2016), 440 <https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077>
Hidayat, Nur, ‘Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global’, El-Tarbawi, 8.2 (2015), 131–45 <https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2>
Judiani, Sri, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.9 (2010), 280 <https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519>
Kalidjernih, Freddy K, ‘Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan Terhadap Revitalisasi Pancasila’, 16.1 (2019), 103–10
Maemunah, ‘Kebijakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0’, Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, September, 2018, 1–9
Meria, Aziza, ‘Model Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di SDLB YPPLB Padang Sumatera Barat’, 11.2 (2015), 355–80
Oktaviani Hidayat, Dewi, Inggi Eltariant, Rahmat Kevin Priyatna, and Sindi Agustina Fernanda, ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Degradasi Moral Terhadap Isu Sara Dan Hoax’, Jurnal Rontal Keilmuan PKN, 1945
Oktifuadi, Khoirrosyid, ‘No Title No Title’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2018), 1689–99 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>
Ramdhan, Tri Wahyudi. "Islam Nusantara: Pribumisasi Islam ala NU." Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 2.1 (2018): 73-91.
Wahyono, Imron, ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli the Implementation of Pancasila ’ S Values in Learning Activities in Sdn 1’, 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.