Social Education in The Perspective of The Qur'an (A Study of Comparative Tafsir by Al-Maraghi and Qurthubi)

Authors

  • Rofiqi Rofiqi IAI Al-Khairat Pamekasan
  • Hendi Sugianto IAIN Ternate
  • Husniyatus Salamah Zainiyati UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v9i2.6529

Keywords:

Pendidikan Sosial, Al-Qur’an, Tafsir, Al-Maraghi, Al-Qurthubi.

Abstract

Al-Qur’an memandang pendidikan sosial sebagai dimensi strategis dalam sistem ajaran dan norma-norma dalam Islam. terdapat banyak ayat al-Qur’an yang memahas tentang urgensi pendidikan sosial bagi umat Islam sehingga hal ini menisyaratkan bahwa ajaran Islam sangat memperhatikan terhadap pendidikan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap konsep pendidikan sosial dalam Al-Qur’am Surat Luqman ayat 17-19 dalam perspektif Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Qurthubi. Metode penelitian yang digunakan adalah library research di mana data/referensi utama diambil dari dua kitab tersebut dan didukung dengan jurnal-jurnal ilmiah lainnya. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan penafsiran dan perbedaan antara  Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Qurthubi dalam menafsirkan Al-Qur’am Surat Luqman ayat 17-19. Persamaannya adalah keduanya menegaskan bahwa manusia harus memperhatikan tata cara dan perilaku dalam pergaulan dengan sesama, serta menjaga kesederhanaan dan merendahkan diri untuk mencapai keselarasan dalam kehidupan. Sementara perbedaanya adalah penekanan pada aspek yang berbeda dalam ayat tersebut. Kitab Al-Maraghi menekankan pada pentingnya menghindari sombong dan membangga-banggakan diri, serta pentingnya bersikap sopan santun dan baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan Kitab Al-Qurthubi menekankan pada tata cara berjalan di bumi yang seharusnya dilakukan dengan hati yang tulus dan rendah hati, serta pentingnya merendahkan suara dalam berbicara yang menunjukkan sikap rendah hati. Namun, pada dasarnya kedua kitab tafsir sepakat bahwa manusia harus memperhatikan tata cara dan perilaku dalam pergaulan dengan sesama, serta menjaga kesederhanaan dan merendahkan diri untuk mencapai keselarasan dalam kehidupan.

References

A. Fauzi. “Epistemologi Tafsir Abad Pertengahan: Studi Atas Tafsir Al-Jami’Li Ahkam Al-Qur’an Karya Al-Qurtubi.†Tesis: Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/58891/1/A. FAUZI - SPs.pdf.

Abdullah Nashih. Ulwan, Tarbiyatul Aulad FÄ« Al-Islam. Arab Saudi: Dar al-Salam, 1997.

Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr al-QurthubÄ«. Al-JÄmi’ Li AhkÄm Al-Qur’Än Wa Al-Mubayyin LimÄ Tadhammanahu Min Al-Sunnah Wa Ä€yi Al-FurqÄn. 16th ed. Beirut: Lebanon: Muassasah al-RisÄlah, 2006.

Ahmad MushtafÄ al-MarÄghÄ«. TafsÄ«r Al-MarÄghÄ«. 21st ed. Cairo Mesir: Syarikah wa Mathba’ah MushtafÄ al-BÄbÄ« al-HalabÄ« wa AulÄdih, 1946.

Akmansyah, M. “Al-Qur’an Dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam.†Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 8, no. 2 (2015): h. 129.

Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail. Ensiklopedia Hadits; Sahih Bukhari (Ter. Masyhar Dan Muhammad Suhadi). Jakarta: Almahira, 2011.

Amiruddin, Noor. “Pendidikan Humanisme Dalam Perspektif Islam (Konsep Dan Implimentasinya Dalam Pengelolaan Kelas).†Tamaddun 21, no. 4 (2017): 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Aziz, Abd. “Pendidikan Etika Sosial Berbasis Argumentasi Quranik.†Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 3 (2019): 466–89.

Darmawan, Deni. “Perspektif Al-Quran Dalam Menjaga Harmonisasi Dan Toleransi Dari Berita Bohong ( Hoax ) Di Media Sosial.†Prosiding Seminar Nasional, Universitas Pamulung Desember (2019): 163.

Dian Iskandar Jaelani. “Manajemen Public Relation (Humas) Pendidikan Islam: Kajian Tematik Al-Qur’an Dan Hadis.†Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2018): 12–26.

Euis Nurunnisa dan Husni. “Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Perspektif Abdullah Nasih Ulwan Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional.†Tarbiyah Al-Aulad 1, no. 1 (2016): 104–16.

Farhan Ahsan Anshari, Hilmi Rahman. “Metodologi Khusus Penafsiran Al-Qur’an Dalam Kita Tafsir Al-Maraghi.†Jurnal Iman Dan Spiritualitas 1, no. 1 (2021). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZIFTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=+tafsir+al-maraghi&ots=SbonuerMlS&sig=e_XuiftuAt0v8BFVCNo9J0mKVMo&redir_esc=y#v=onepage&q=tafsir al-maraghi&f=false.

Fauzi, M Rofi. “Munasabah Al- Qur ’ an Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dasar Islam Di Indonesia.†Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 177–90.

Firdaus Kemala Gani, Alfiyatul Azizah. “Makna Zann Menurut Muhammad Asad Dalam Tafsir The Message Of The Quran.†Suhuf 33, no. 1 (2021).

Fithrotin. “Metodologi Dan Karakteristik Penafsiran Ahmad Mustafa Al Maraghi Dalam Kitab Tafsir Al Maraghi (Kajian Atas Qs. Al Hujurat Ayat: 9).†Al-Furqon 1, no. 2 (2018): 107–20.

Goa, Lorentius. “Perubahan Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat.†SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral 2, no. 2 (2017): 53–67. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i2.40.

Hakim Hendra AlKampari, Ahmad Fadhil Rizki, Delviani Marzal. “Pendapat Quraish Shihab Dalam Tafsir Al- Mishbah Tentang Berbuat Ihsan Dalam Dimensi Sosial.†Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 20, no. 2 (2021): 136–50.

Khoiruddin, Muhammad. “Pendidikan Sosial Berbasis Tauhid Dalam Perspektif Al-Qur’an.†At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 3, no. 1 (2018): 73. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1141.

Moh. Jufriyadi Sholeh. “Tafsir Al-Qurtubi: Metodologi, Kelebihan Dan Kekurangannya 1.†Jurnal Reflektika 13, no. 1 (2013): 49–66.

Nazifah, Dinni. “Tafsir-Tafsir Modern Dan Kontemporer Abad Ke-19-21 M.†Jurnal Iman Dan Spiritualitas 1, no. 2 (2021). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=xDdTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA211&dq=Kitab+Al-Maraghi+juga+memadukan+antara+berbagai+tafsir+lain+yang+telah+ada+sebelumnya&ots=5o4XDgwYfC&sig=BES5H2IK0gkMWufAawKEU98Rhjw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Ridwan, Muhammad. “Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an.†Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018): 26–44. https://doi.org/10.31538/nazhruna.v1i1.97.

Riyani, Irma. “Menelusuri Latar Historis Turunnya Alquran Dan Proses Pembentukan Tatanan Masyarakat Islam.†Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (2016): 27–34. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.873.

Sholichah, Aas Siti. “Konsepsi Relasi Sosial Dalam Perspektif Al-Qur’an.†Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 3, no. 2 (2019): 191–205. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i2.40.

Wakka, Ahmad. “Petunjuk Al- Qur ’ an Tentang Belajar Dan Pembelajaran ( Pembahasan Materi , Metode , Media Dan Teknologi Pembelajaran ).†ELJOUR: Education and Learning Journal 1, no. 1 (2020): 82–92.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Rofiqi, R., Sugianto, H. ., & Zainiyati, H. S. . (2023). Social Education in The Perspective of The Qur’an (A Study of Comparative Tafsir by Al-Maraghi and Qurthubi). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 260–286. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v9i2.6529

Issue

Section

Articles