Hubungan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam berkomunikasi

Authors

  • M Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3712

Keywords:

Bahasa, Semiotika, Pikiran

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pemikiran. Sejak jaman purba manusia sudah tertarik untuk menyelidiki seluk beluk bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk  mengungkap asal mula perkembangan bahasa dan merefleksikan hubungannya dengan semiotika dan pikiran. Hasil dari penelitiam ini menyimpulkan bahwa Bahasa, semiotika dan pikiran memiliki keterkaitan yang saling mempengaruhi (resiprokal). Dalam wacana lingguistik, bahasa diberi pengertian sebagai sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi, yang dipakai sebagai alat komunikasi, sedangkan dalam pengertian metaforis, istilah bahasa mengacu pada berbagai cara komunikasi atau berkontak (isyarat atau simbol lainnya). Adapun semiotika mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, yang memungkinkan tanda-tanda tersebut mempunyai arti. Sedangkan pikiran akan  membuat enkode semantic dan encode gramatikal didalam otak pembicara, dilanjutkan dengan membuat encode fonologi. Kemudian di lanjutkan dengan penyusunan decode fonologi, decode gramatikal, dan decide semantic pada pihak pendengar yang terjadi di dalam otaknya sehingga komunikasi kedua belah pihak antara pembicara dan pendengar dapat saling mengerti dan memahami.

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Hasbullah, M. (2020). Hubungan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam berkomunikasi. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 106–124. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3712

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.