Al-Khalīlayn dalam Romantisme Sastra Arab

Penulis

  • Yusuf Haikal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36835/al-irfan.v4i1.4305

Kata Kunci:

Romantisme, Sastra Arab, Khalil Muthran, Khalil Gibran

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai romantisme dalam kesusastraan Arab, khususnya melalui dua tokoh penting dalam aliran ini. penting dalam pondasi dan perkembangan romantisme dalam sastra Arab. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif deskriptif dan studi pustaka. Penelitian ini juga menggunakan teknik simak dan catat dalam pengumpulan data. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa Aliran romantisme merupakan salah satu aliran yang popular yang  pertama kali muncul pada abad ke-18 di Eropa dan masuk ke wilayah arab pada awal abad ke-20. Masuknya aliran romantisme ke dunia Arab dipelopori oleh KhalÄ«l Muthran. Selain KhalÄ«l Muthran, terdapat satu lagi tokoh sastrawan Arab yang mempopulerkan aliran romantisme ini, yaitu KhalÄ«l Gibran. Dua KhalÄ«l ini adalah tokoh penting dalam kemunculan dan perkembangan romantisme dalam kesusastraan Arab. Hal ini nampak dari sejarah hidup keduanya yang sama-sama mempelajari kesusastraan di negeri barat. Selain itu, karya- karya yang dihasilkan oleh kedua tokoh ini menampakkan corak romantisme yang kental sehingga semakin menguatkan ketokohan keduanya dalam romantisme sastra Arab.

Referensi

‘Alῡsiy, Sa’id. (1985). Mu’jam al-Mushthalachᾱt al-‘Adabiyyah al-Mu’ashirah. Beirut: Dᾱrul Kitᾱb al-Lubnᾱnῑy.
Anal-Bahr.com, Bachts an Sya’iri Khalῑl Muthran Sya’iri al-Qathrain, diakses dari https://analbahr.com/بحث-عن-الشاعر-خليل-مطران-شاعر-القطرين/ pada 8 November 2020 pukul 13.05
Darwish, Ahmad. (2020). Khalῑl Muthran al-A’mᾱl al-Syi’riyyah al-Kᾱmilah. Kuwait: Muassasah Jaizah ‘Abdul ‘Aziz Su’ῡd al-Bᾱbathin lil-Ibda’ al-Syi’rῑ.
Gibran, Jean dan Khalῑl Gibran. (2015). Khalῑl Gibran chayᾱtuhu wa ‘alᾱmuhu. Kairo: al-Majlis al-A’lᾱ lil-Tsaqᾱfah.
Gibran, Khalá¿‘l. (tt). al-Ajnichah al-Mutakasirrah. Beirut: al-Maktabah al-Tsaqafiyyah.
Gibran National Committee, About Gibran Biography, diakses di http://www.gibranKhalá¿‘lgibran.org/AboutGebran/Biography pada 10 november 2020 pukul 10.22
Hilal, Muhammad Ghanimi. (1981). Al-Rumantikiyyah. Beirut: Dᾱrul ‘Audah.
Juha, Michel. (1981). Khalῑl Muthran Bakῡrah lῑ al-Tajdῑdi fῑ al-Syi’ri al-‘Arabῑy al-Chadῑtsῑy. Beirut: Dᾱrul Masῑrah.
Manshur Said Husain. (1977). al-Tajdῑd fῑ syi’ri khalῑl Muthran. Iskandariah: al-Hay’ah al-Mishriyyah al-‘Ammah lil-Kitᾱb.
Mareefa.org, Jibrᾱn Khalῑl Jibran, diakses dari https://www.marefa.org/جبران_خليل_جبران pada 8 November 2020 pukul 14.07
Moloeng, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nojomy.com, Khalῑl Muthran Qishshatu chayati syᾱ’ir al-Qathrain, diakses di https://nojomy.com/writers/خليل-مطران-قصة-حياة/ pada 8 November 2020 pukul 13.50.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukron, Kamil. (2012). Teori Kritik Sastra Arab Klasik dan Modern. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Utsman, Nagham ‘Ashim,. (2017). Ar-Rῡmansῑyah Bachts fῑ al-Musthalach wa Tᾱrῑkhihi wa Madzᾱhibihi al-Fikriyyah. al-markaz al-islamiy lil-dirᾱsat al-istirᾱtῑjiyyah.
Wahbah, Majdi dan Kᾱmil. (1984). Mu’jam al-Mushthalachᾱt al-‘Arabiyyah fῑ lughah wal ‘Adab. Beirut: Maktabah Lubnan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-18

Cara Mengutip

Haikal, Y. (2021). Al-KhalÄ«layn dalam Romantisme Sastra Arab. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 4(1), 50–68. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v4i1.4305

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.