Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Berdasarkan Minat Melalui Program Kerja “Bimbelove” di Desa Nanjung RW 04 dan RW 09

Penulis

  • Nurathfal Nissa Fulqihayati Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Dyah Ayu Universitas Muhammadiyah Bandung
  • Nelis Hernahadini Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v4i2.7089

Abstrak

Bimbingan belajar merupakan pemberian dukungan secara materil dan praktek kepada anak dalam bidang pendidikan berdasarkan kebutuhan serta minat pembelajaran anak, sehingga kami berupaya untuk memecahkan urgensi pendidikan melalui program kerja Kuliah Kerja Nyata. Tujuan adanya bimbel atau kami sebut dengan “Bimbelove†di Desa Nanjung merupakan bentuk implementasi kolaborasi dari berbagai jurusan yang disatukan di dalam program kerja KKN 16 Universitas Muhammadiyah Bandung untuk meningkatkan motivasi belajar anak berfokus pada minat yang dimiliki anak. Metode yang digunakan 5 tahap di antaranya adalah pendataan dan pemilihan mata pelajaran peserta, sesi pembelajaran, pengajaran yang bermakna, pendidikan karakter, penilaian dan reward, pengawasan dan pembelajaran pendampingan. Hasil dari program kerja bimbingan belajar selama 5 pertemuan di Posko KKN 16 sebanyak 18 anak kategori kelas A (Usia 4-6 tahun) dan kelas B (Usia 7-12 tahun) menunjukan bahwa telah terpenuhinya perkembangan positif kebutuhan anak dari segi behavioral, humanistik, kognitif dan sosial sehingga terdapat peningkatan motivasi belajar anak sesuai dengan minat yang dimiliki setiap peserta bimbel RW.04 dan RW.09 Desa Nanjung berdasarkan rapot apresiasi yang diakumulasikan yakni : kehadiran, keaktifan, keterampilan, komunikasi dan sikap dengan rata-rata nilai dari keseluruhan anak adalah dominan A (Baik Sekali) dan B (Baik) Kata kunci : Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Minat, KKN, Desa Nanjung.

Referensi

Alamsyah, E., & Ahwa, D. F. 2020. Implementasi Metode Joyfull Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School. 1(1), 59-76, AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.12

Asnawati Matondang, 2018. Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar, Volume 2, Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Atkinson, R. L., Atkinson, R. C., Smith, E. E., & Bem, D. J. 1999. Pengantar Psikologi Jilid Satu.

Eliamah, Wahira, & Alam, K. 2022. Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (Aud) Melalui Pembelajaran Sains. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 1 No. 2.

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2: 93-196.

Holil, M., & Ahmad, T. (2014). Peningkatan performa Metode Steganografi BerbasisDifference Expansion Menggunakan Reduksi Selisih. 12(2), 9-17, JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi. https://doi.org/10.12962/j24068535.v12i2.a318

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.

Lestari T dan Juntika Nurihsan. 2018. Efektivitas strategi pembelajaran smart (stories method and recall training)terhadap peningkatan memori kerja anak fase sekolah dasar kelas rendah. Vol. 10 No.2, Jurnal Pendidikan Dasar .

Magdalena, I. 2021. Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Sukabumi : CV Jejak, anggota IKAPI.

Maulana Abdul Malik Tambunan dkk, 2022. Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis di Desa Ulumahuam, Volume 4, journal of community empowerment.

Muqtakdir Nurfalaq Syarif1, Ninah Wahyuni1*, Moh. Mulyadi Prasetyo1, Sitti Wirda1,Nurhidayah. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning)dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA, volume 10. hal 102-116. Jurnal Biotek.

Najib DA dan Elhefni. 2017. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19-28. https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1063.

Rahma, A., Dahruji, D., & Mashudi, M. (2023). Partisipasi Masyarakat Muslim Dalam Program Bank Sampah Mawar Berbasis Green Economy di Desa Marengan Daya. SANTRI: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(6), 181-190.

Sudaryanti, 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini, Volume 1, Jurnal Pendidikan Anak.

Thahir A dan Babay Hidriyanti. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-utrujiyyah Kota Karang. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Raden Intan Lampung.

Try Gunawan Zebua. 2021. Teori Motivasi Abraham Maslow dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Matematika, Volume 3, Jurnal Pendidikan Matematika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-27

Cara Mengutip

Fulqihayati, N. N. ., Ayu, D. ., & Hernahadini, N. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Berdasarkan Minat Melalui Program Kerja “Bimbelove” di Desa Nanjung RW 04 dan RW 09 . Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 133–149. https://doi.org/10.35309/dharma.v4i2.7089

Terbitan

Bagian

Articles