Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Menyongsong Program MBKM “Kampus Mengajar”

Penulis

  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.35309/dharma.v4i2.7138

Kata Kunci:

Lecture Administration, Teaching Campus, Student Competence

Abstrak

Program Mandiri Belajar Kampus Mandiri (MBKM) merupakan program yang memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk meningkatkan dan memperkaya kompetisi pengetahuan dan keterampilan dengan terlibat langsung di dunia nyata dalam pembelajaran sesuai dengan ilmu dan semangat juang untuk mewujudkan cita-citanya. Salah satu kegiatan di kampus adalah mengajar sebagai asisten dosen pada satuan pendidikan sekolah dasar dan menengah dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh peraturan pemerintah. Hasil diskusi di program studi menyimpulkan bahwa mahasiswa dinilai belum mendapatkan bekal yang cukup untuk terjun langsung melaksanakan pembelajaran di sekolah, misalnya belum terpenuhinya beberapa program atau mata kuliah yang mendukung kegiatan tersebut. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk memberikan pelatihan dalam bentuk pelatihan peningkatan kompetensi mahasiswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan secara bertahap: 1) pemberian materi atau teori pembuatan perangkat pembelajaran dengan pendampingan oleh dosen; 2) praktik mengajar dalam kelompok kecil yang disebut micro teaching. Hasil dari kegiatan yang dilakukan selama seminggu ini menyimpulkan bahwa: 1) mahasiswa antusias dalam mengikuti kegiatan; 2) berjalannya kegiatan praktek belajar mengajar dengan baik dan lancar; 3) apresiasi terhadap pelaporan kegiatan yang rapi dan sistematis sampai ke tingkat dekanat.

Referensi

Asmara, A. S., & Junaedi, I. (2018). Trend Kurikulum Dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v2i1.199

Dani, B., Bungo, K., & Jambi, P. (2021). Program Kampus Mengajar sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik. Budimas, 03(02), 483–490.

Dasrimin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Tengah Pandemi Covid-19: Antara Peluang Dan Tantangan. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i1.4116

Denny, K., Meke, P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 675–685.

Endrawan, I. B., Hardiyono, B., Satria, M. H., & Kesumawati, S. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Pendidikan Olahraga Strata Satu (S1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Bahasa Universitas Bina Darma. JPKMBD ( Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), 1(2), 180–186.

Fasha, R. (2021). Sosialisasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1800008068, 1.

Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.

Proborini, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa Kelas Vi Sd Karangturi. Intelligentes Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Zaiyar, M., & Faisal, F. (2021). Analisis Keterpakaian Kurikulum Prodi Pendidikan Matematika Ftik Iain Langsa Pada Dunia Kerja Alumni. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al …, 5(1), 89–98. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/2840%0Ahttps://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/download/2840/1649

Zunaidi, A., Fatmawatie, N., Natalina, S. A., & Mushlihin, I. A. (2021). Penguatan Pemahaman dan Orientasi Kurikulum Kampus Merdeka dalam Menyambut Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. BATUAH : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Volume 1 Nomor 2 November 2021, 1(November), 1–7.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Fitriawan, D. . (2024). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Menyongsong Program MBKM “Kampus Mengajar”. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 210–223. https://doi.org/10.35309/dharma.v4i2.7138

Terbitan

Bagian

Articles