Peningkatan Kesadaran akan Kesehatan Mental dalam Mengatasi Beban Akademik pada Siswa Kelas 9 SMP Islam Tirtayasa
DOI:
https://doi.org/10.35309/dharma.v4i2.7495Kata Kunci:
education, mental health disorders, academic burdens, adolescent studentsAbstrak
Gangguan kesehatan mental merupakan bentuk gangguan dan kekacauan fungsi mental yang disebabkan oleh kegagalan mereaksinya mekanisme adaptasi dari fungsi-fungsi kejiwaan/terhadap stimuli eksternal dan ketegangan-ketegangan sehingga muncul gangguan pada struktur kejiwaan. Gangguan kesehatan mental merupakan totalitas kesatuan dari ekspresi mental yang patologis terhadap stimuli sosial, yang dikombinasikan dengan faktor-faktor sekunder lainnya. Gangguan kesehatan mental pada siswa remaja di lingkungan sekolah dapat diakibatkan oleh banyak faktor, seperti mengalami bullying, ketidakharmonisan lingkungan keluarga, serta beban akademik yang berupa tidak dapat memahami satu pelajaran, mendapat tekanan orang tua agar nilai sesuai ekspektasi mereka, hingga penekanan perlunya mendapat prestasi sebaik saudaranya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada bulan September 2022 dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanan, serta evaluasi. Gangguan kesehatan mental dari sampel acak siswa kelas 9 didapatkan hasil bahwa kebanyakan dari mereka mengalami gangguan kesehatan mental akibat beban akademik. Terdapat hubungan yang erat antara gangguan kesehatan mental yang mereka alami dengan beban akademik. Oleh karena itu, perlu adanya pemberian perhatian lebih terhadap kesehatan mental siswa kelas 9 SMP Islam Tirtayasa.Referensi
Gintari, K. W., Desak Made Ari Dwi Jayanti, Laksmi, I. G. A. P. S., & Sintari, S. N. N. (2023). Kesehatan Mental Pada Remaja. Journal Nursing Research Publication Media (NURSEPEDIA), 2(3), 167–183. https://doi.org/10.55887/nrpm.v2i3.49
Herlinawati, H., Mashudi, M., & Amin, N. (2024). Analisis Teori Konsep Dasar Maslahah Kebutuhan Manusia Pada Produk Jamu Ramuan Madura Dalam Perspektif Konsumen. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(2), 86-91.
Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Analitika, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110
Nurtiwiyono, H. (2022). Peran Guru Bagi Kesehatan Mental Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Proses Mengajar. Jurnal CONSILIUM (Education and Counseling Journal), 14, 97–103.
Prasetyaningtyas, W. E., Rangka, I. B., Folastri, S., & Sofyan, A. (2022). Kecemasan Akademik Siswa di Sekolah: Suatu Tinjauan Singkat. Journal of Learning and Instructional Studies, 2(3), 107–114.
Subki, Syafari, A., & Arenawati. (2022). Evaluasi Penerapan Standar Pelayanan Minimal (Spm) Pendidikan Menengah Di Provinsi Banten Evaluation of the Implementation of Minimum Service Standards (Mss) in Middle Education in Banten Province. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 06(01), 46–63. https://doi.org/10.12962/j20861206.v33i1.4566
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494
Winei, A. A. D., Ekowati, Setiawan, A., Jenuri, Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar dan Kesehatan Mental Siswa. Journal on Education, 06(01), 317–327. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/2945/2491
Yuliana, Y. (2022). Pentingnya Kewaspadaan Berinternet untuk Kesehatan Mental Anak dan Remaja. Jurnal Ilmu Medis Indonesia, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.35912/jimi.v2i1.1218
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.